Keren Banget, 4 Produk Lokal Ini Bisa Bantu Kurangi Sampah Plastik

Produk lokal dari bahan lingkungan yang mudah terurai ini semakin keren loh gaess.

131
Produk Lokal

Saat ini, masyarakat Indonesia sedang berlomba untuk mengurangi produk plastik demi menyelamatkan bumi kita tercinta. Alhasil, semakin hari bermunculan produk lokal ramah lingkungan yang bisa menggantikan produk plastik.

Melihat dari laman Pesona Indonesia (@pesona.indonesia), saat ini hanya ada sekitar kurang dari 10% sampah plastik yang berhasil terkelola dengan baik. Lebih dari 50%nya, masih berakhir di TPA dan mencemari lingkungan yang ada.

via GIPHY

Kalau kamu bertanya-tanya, ada enggak sih produk lokal Indonesia yang dibuat untuk mengurangi sampah plastik? Jawabannya, ada dong pastinya. Penasaran apa aja?

Wadah Makan dari Plepahid

Ada satu produk lokal yang bisa terurai dengan baik dengan alam selama 60 hari, Plepahid namanya. Produk asli Indonesia ini bisa digunakan untuk mengganti piring plastik atau kemasan styrofoam yang lain.

Piring milik Plepahid ini terbuat dari plepah pisang yang bisa terurai dalam waktu 60 hari. Dalam sebuah postingan di marketplace, Plepahid mengatakan bahwa produk yang mereka buat ini menggunakan produk non-kayu hutan (NTFP).

Plepah memberdayakan desa dan masyarakat lewat pengolahan limbah komoditas pinang sebagai pendapatan ekonomi alternatif bagi masyarakat di Sumatra Selatan dan Jambi.

Kemasan Plastik Ramah Lingkungan Milik Avanieco

Produk lokal kedua yang ramah lingkungan adalah beragam kemasan plastik milik Avanieco. Dalam deskripsinya, produk ini terbuat dari kantong singkong yang sudah pernah jadi juara di luar negeri untuk berbagai bisnis seperti F&B, retail, perhotelan dan usaha kecil menengah.

Kantong ramah lingkungan milik Avaneico ini juga bisa dikompos dan mudah terurai. Selain itu, produk ini kuat dan bisa dipakai berulang kali, tidak beracun bagi lingkungan dan hewan laut. Produk ini juga bagus untuk mengurangi polusi laut dan tanah.

Berbagai Macam Produk Olahan Bambu Milik Gumi Bamboo

Kini sedang ramai produk olahan bambu yang banyak digunakan sebagai produk pengganti dari plastik. Salah satu produk lokal bambu yang saat ini banyak digunakan adalah milik dari Gumi Bamboo.

Gumi Bamboo adalah sebuah brand produk lokal yang memperjual belikan berbagai macam alat yang terbuat dari bambu dan pastinya ramah lingkungan. Seperti misalnya keranjang, sedotan, sendok, garpu, sikat gigi, dan lain sebagainya.

Gelas dengan Bahan Dasar Rumput Laut

Ecoware oleh Evo & Co pernah membuat cup gelas berbahan dasar rumput laut dengan 4 aroma yang bisa terurai dalam 30 hari. Selain ramah lingkungan, kandungan gelas ini juga memiliki manfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Rasa dari gelas-gelas ini juga beragam karena ada ekstrak buah-buahan di dalamnya.

Baca juga: “Inovatif Banget! 5 Pembalut Ramah Lingkungan Sekali Pakai Ini Wajib Kamu Coba

Dengan begini, produk ramah lingkungan makin keliatan keren ya gaess. Kamu udah punya yang mana nih? Coba tulis di kolom komentar.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.