Keren! Kisah 3 Mahasiswa Asal Indonesia yang Bisa Magang di KBRI Eropa

Tiga mahasiswa Universitas Airlangga berhasil menembus program magang di KBRI Bucharest, Rumania, dan KBRI Praha di Republik Ceko.

220
0
mahasiswa

Tiga orang mahasiswa asal Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, berhasil membanggakan Indonesia di kancah Internasional. Pasalnya mereka berhasil menembus program magang di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di beberapa negara Eropa.

Mereka adalah Quindhira Izzanina dan Ngakan Made Cahaya Dwika Kusuma yang menjalani program magang di KBRI Bucharest, Rumania dan Muhammad Hasbi di KBRI Praha, Republik Ceko.

Salah satu dari mereka mengungkapkan bahwa pemilihan program magang di Rumania dikarenakan program studinya memang berada di kawasan Eropa, sementara alasan lain karena ingin merayakan kemerdekaan Indonesia di sana.

“Menjadi kebanggaan sendiri dapat merayakan hari kemerdekaan di negara lain,” kata Quindhira Izzanina dalam keterangan tertulis Unair, Rabu (7/9/2022), seperti dikutip dari Detik.com.

Ketiga mahasiswa yang berasal dari kampus yang sama ini ternyata merupakan tiga sekawan yang sehari-hari memang sering bersama. Mereka menceritakan bahwa banyak sekali suka-duka yang dialami selama masa persiapan.

Namun di balik hal tersebut, mereka mendapatkan pengalaman magang yang tak terlupakan dan diterima pada lingkungan kerja yang baik.

Salah satunya adalah pengalaman menjadi perwakilan Indonesia dalam Festival Budaya Rumania. Saat itu, Quindhira bermain gamelan bersama orang-orang Rumania. Sedangkan Cahaya berkesempatan untuk membacakan teks proklamasi kemerdekaan pada saat upacara berlangsung.

Kedua sahabat ini mengatakan bahwa pengalaman tersebut merupakan pengalaman yang berharga dan tidak bisa dilupakan, ditambah lagi mereka melakukan hal tersebut di negeri orang yang secara emosional memberikan kesan yang berbeda. Mereka juga mengajak para mahasiswa untuk mengikuti program magang di KBRI Luar Negeri.

“Mahasiswa harus membuka diri untuk tertarik mempelajari hal baru,” kata Hasbi.

Pesan mereka kepada mahasiswa yang ingin mengikuti program magang di luar negeri adalah harus memiliki inisiatif dan antusiasme yang tinggi dalam mencari program magang. Sebab, program magang ini bersifat mandiri sehingga mahasiswa harus mencari informasi sendiri kepada pihak KBBI.

Sebagai informasi tambahan, program magang di KBRI Luar Negeri bisa dilakukan dengan cara mengirimkan email kepada pihak KBRI terkait yang berisi dokumen penunjang, CV, dan paspor. Sudah siap untuk magang di luar negeri?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *