Kisah Coco, Anjing Pelacak Tim SAR Temukan 3 Korban Gempa Cianjur

Coco adalah anjing Labrador jantan yang merupakan anggota SAR Dog Jawa Tengah.

175
0
Anjing Pelacak

Duka di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih belum selesai. Sampai pada hari ini, para petugas gabungan dan Tim SAR masih berjibaku menyelamatkan dan mencari korban gempa dengan kekuatan magnitudo 5,6 itu. Salah satu anggota yang menarik perhatian adalah Coco, anjing pelacak milik Tim SAR.

Kisah Coco yang menemukan tiga orang korban gempa Cianjur belakangan ini viral berkat twit salah seorang pengguna akun Twitter bernama Lita Widyo (@WidyoLita). Akun ini membagikan foto Coco yang sedang digendong oleh Tim SAR, lengkap dengan tulisan bahwa Coco sudah menemukan tiga korban yang tertimbun.

Aksi anjing pelacak didampingi pawangnya pada saat pencarian korban gempa Cianjur / instagram @direktorat_polisi_satwa

“Inget Coco? Di antara duka Cianjur, dpt info kalo Coco ikut terjun dan bantu relawan d sana. Anjing loyal itu sdh temukan 3 korban tertimbun,” kata Lita Widyo di akun Twitter @WidyoLita.

“Dia (Coco) digendong pasca bertugas utk efisiensi menempuh medan yang berlumpur. Semoga lbh byk lagi korban ketemu. Salut utk para relawan, jg Coco,” tutup Lita.

Sebagai informasi tambahan, Coco adalah anjing Labrador jantan yang merupakan anggota SAR Dog Jawa Tengah. Sebelumnya, Coco juga pernah diturunkan pada bencana badai tropical Seroja pada tahun 2021 dan di Kupang berhasil membantu menemukan lima orang korban.

Tugas Anjing Pelacak

Melansir dari laman Kompas.com, ada beberapa tugas dari anjing pelacak. Satu di antaranya adalah penyelamatan dan pencarian. Selain itu, apalagi tugas dari anjing pelacak? Berikut informasinya.

Patroli

Anjing pelacak memiliki tugas untuk melindungi dan memantau suatu area. Patroli ini juga bisa dilakukan untuk menangkap tersangka dengan isyarat verbal dan non verbal dari pawangnya.

Penyelamat dan Pencari

Aksi anjing pelacak bersama dengan pawangnya seorang anggota polri / shutterstock

Selain sebagai petugas patrol, anjing pelacak juga memiliki kemampuan untuk penyelamatan dan pencarian. Anjing ini juga disebut sebagai anjing SAR yang bertugas melacak orang hilang setelah bencana alam, hilang di hutan, dan lain sebagainya.

Mengendus Narkoba

Anjing merupakan salah satu hewan yang memiliki 225 juta reseptor aroma. Hal ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan manusia yang hanya memiliki 5 juta reseptor. Maka, tidak heran kalau anjing pelacak memiliki kemampuan untuk mengendus obat-obatan dan zat terlarang lainnya.

Mendeteksi Bahan Peledak

Anjing pelacak juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi bahan peledak. Hal ini bisa dilakukannya berkat serangkaian latihan yang selalu dilakukan bersama dengan sang pawang. Sebagai bukti adalah Brandon, seekor anjing pelacak yang pernah bertugas melacak bom di Jalan Thamrin dan bom Halte Transjakarta, Kampung Melayu.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *