Mau Cari Beasiswa? Kenalan dengan Macam-Macam Beasiswa, Yuk!

Sebelum daftar beasiswa, yuk pahami dulu ragam beasiswa yang tersedia di luar sana.

69
LPDP

Selamat Hari Pendidikan Nasional, Oppal gengs! Sebagai manusia yang terus bertumbuh dan juga ingin berkembang, pastinya pendidikan merupakan salah satu hal yang penting banget di dalam hidup kita.

Kamu juga pasti pernah mendengar kalimat yang sangat penting bahwa pendidikan itu enggak mengenal usia dan juga batas waktu. Nyatanya, memang pendidikan enggak terlepas dari setiap aspek di dalam kehidupan manusia.

Ilustrasi siswa belajar kelompok
Ilustrasi Siswa Sedang Belajar/Via: Shutterstock

Karena itu, untuk mendapatkan akses yang lebih tinggi dan merata ke dalam bidang pendidikan, kamu bisa menggunakan beasiswa, gengs. Mendapatkan beasiswa memiliki banyak manfaat dan keunggulan, seperti meringankan biaya kuliah, meningkatkan motivasi belajar, membuka jaringan pertemanan baru, dan juga prospek karir yang meningkat.

Tapi ternyata beasiswa juga banyak banget lho, jenisnya. Supaya kamu bisa memilih beasiswa yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang kamu punya, ada baiknya kamu cari tahu dulu macam-macam beasiswa dan penjelasannya. Simak di sini, yuk!

Beasiswa Berdasarkan Bentuk Pembiayaan

1. Beasiswa Penghargaan

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini diberikan jika kamu memiliki prestasi atau pencapaian akademik yang membanggakan, gengs. Biasanya, indikator dari beasiswa penghargaan ini adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau rata-rata nilai akademik kamu selama di perkuliahan.

2. Beasiswa Bantuan

Beasiswa bantuan ini biasanya diberikan kepada pelajar atau mahasiswa yang tergolong kurang mampu secara ekonomi, serta memiliki prestasi akademik yang baik sehingga layak untuk mendapatkan beasiswa dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Ada beberapa aspek yang diperhitungkan untuk mendapatkan beasiswa ini gengs, seperti pendapatan orang tua, jumlah saudara kandung yang sedang menempuh studi, pengeluaran hidup, lingkungan tempat tinggal dan juga biaya hidup.  

Tips Dapat Beasiswa di Luar Negeri
Ilustrasi Cara Mendapatkan Beasiswa/Via: Shutterstock

3. Beasiswa Penelitian  

Bagi Oppal gengs yang sedang melakukan penelitian terkait bidang studi yang sedang kamu jalani, kamu bisa mendapatkan beasiswa penelitian ini, gengs. Kamu bisa mendapatkannya dari universitas, perusahaan, atau pun beberapa lembaga pemerintah yang memiliki proyek penelitian atau yang sedang membutuhkan tenaga akademis.

Untuk jumlah dana dan periode yang ditawarkan tergantung pada biaya yang kamu butuhkan untuk melakukan penelitian sampai selesai. Jadi harus menghitungnya secara cermat, ya gengs.

4. Beasiswa Non-Akademik

FYI, bukan cuma beasiswa akademik saja gengs, ssaat ini juga banyak perguruan tinggi dan juga lembaga yang menyediakan bantuan pendidikan untuk kamu yang memiliki prestasi di luar bidang akademik, seperti olahraga atau kesenian. Tapi harus kamu sesuaikan juga dengan ketentuan dan persyaratan dari kampus kamu masing-masing ya, gengs.

Ilustrasi Mendapatkan Beasiswa/Via: Shutterstock

5. Beasiswa Ikatan Dinas

Beasiswa ikatan dinas ini biasanya mengharuskan kamu untuk bekerja atau mengadakan suatu perjanjian pada pihak sponsor sebagai hubungan timbal balik yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Biasanya, jika kamu memiliki beasiswa ikatan dinas, kamu diwajibkan untuk bekerja di dalam instansi terkait dalam jangka waktu tertentu. Hal ini bisa jadi keuntungan yang double buat kamu gengs, selain mendapatkan beasiswa, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman kerja dan relasi dalam satu waktu.

Beasiswa Berdasarkan Cakupan Pembiayaan

1. Beasiswa Penuh (Full Scholarship)

Buat Oppal gengs yang sering mencari informasi beasiswa, pasti sudah hafal banget dengan jenis beasiswa yang satu ini. Beasiswa ini bisa dibilang yang paling banyak mahasiswa cari, karena enggak cuma menutupi biaya pendidikan semester, beasiswa penuh juga menyediakan pendanaan untuk kebutuhan pendukung lain bisa kamu gunakan selama masa studi berlangsung, seperti biaya indekos dan biaya hidup.

2. Beasiswa Sebagian (Partial Scholarship)

Berbeda dari beasiswa penuh, beasiswa sebagian hanya menanggung sebagian dari total biaya yang kamu butuhkan selama masa studi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Biasanya, beasiswa ini bisa kamu dapatkan dalam bentuk biaya kuliah atau uang akomodasi saja gengs.

Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan atau Pihak Penyedia

1. Beasiswa dari Pemerintah

Seperti namanya, beasiswa ini ditawarkan oleh pihak pemerintah, seperti kementerian atau beberapa lembaga lainnya. Bukan cuma untuk mahasiswa, tapi beasiswa pemerintah juga terbuka untuk umum, gengs. Semisal, beasiswa dari Departemen Keuangan (LPDP), beasiswa BAPPENAS, dan Beasiswa LIPI.

2. Beasiswa dari Pihak Swasta

Di luar pemerintah, beasiswa ini biasanya ditawarkan oleh beberapa institusi perusahaan-perusahaan besar atau korporat. Umumnya, beasiswa yang ditawarkan juga berupa program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan tersebut kepada cakupan sekitarnya seperti bidang studi yang berkaitan dengan perusahaan tersebut.

Tips Dapat Beasiswa di Luar Negeri
Ilustrasi Nilai Bagus Dalam Akademis/Via: Shutterstock

3. Beasiswa dari Negara Maju/Donor Internasional

Program beasiswa ini merupakan kerja sama yang eksklusif antara negara maju dan negara berkembang dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial.

Selain untuk memfasilitasi para pelajar untuk mendapatkan sarana dan prasarana pendidikan yang lebih baik, beasiswa ini juga bertujuan untuk memperbanyak pusat penelitian di beberapa negara berkembang. Beasiswa dari negara maju tersebut antara lain Beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris, Beasiswa Fulbright dari pemerintah AS, Beasiswa Nuffic Neso (NEC) dari pemerintah Belanda, dan yang lainnya.

4. Beasiswa dari Komunitas, Organisasi, atau Yayasan

Saat ini sudah banyak organisasi, komunitas, atau yayasan yang bersifat akademik maupun non-akademik yang memberikan bantuan pendidikan kepada pelajar. Program beasiswa yang ditawarkan pun biasanya sejalan dengan nilai-nilai atau visi dari organisasi atau komunitas tersebut.

5. Beasiswa Perguruan Tinggi

Sebagai institusi pendidikan, banyak perguruan tinggi yang juga memiliki program beasiswa yang memberikan bantuan dana akademik. Selain ditujukan bagi para mahasiswanya sendiri, beasiswa ini juga menawarkan beasiswa untuk mahasiswa luar perguruan tinggi bahkan luar negeri. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari beasiswa bidang studi, beasiswa olahraga, sampai program pertukaran pelajar.

Nah gengs, itu dia beberapa penjelasan dari macam-macam beasiswa yang bisa kamu gunakan, selalu semangat untuk menempuh pendidikan dan juga mempertahankan prestasi terbaik supaya kamu bisa dapat beasiswa, ya!

via GIPHY