Mau Jadi Ilustrator? Yuk, Cek Jurusan Kuliah DKV

Nantinya, seorang ilustrator akan bekerja membuat gambar statis berupa ilustrasi untuk digunakan dalam berbagai media.

485
2
Ilustrator

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilustrator berarti orang yang melukis gambar hias untuk majalah, buku, dan sebagainya. Pengertian ini tidak jauh berbeda dengan apa yang disebutkan oleh Gramedia.

Melihat dari laman gramedia.com, ilustrator berarti seniman yang berprofesi khusus di bidang seni rupa umumnya sebagai pencipta gambar ilustrasi demi memperjelas maksud tulisan tertentu. Nantinya, seorang ilustrator akan bekerja membuat gambar statis berupa ilustrasi untuk digunakan dalam iklan, buku, majalah, kemasan produk, kartu ucapan, komik, atau pun surat kabar.

Pada zaman modern sekarang ini, ilustrator identik dengan pekerjaan desain grafis. Dan pekerjaan ilustrator saat ini banyak sekali digemari oleh para anak muda karena dinilai sebagai salah satu pekerjaan yang menyenangkan.

via GIPHY

Hal ini juga sejalan dengan kian berkembangnya industri kreatif di Indonesia. Badan Ekonomi Kreatif Indonesia bahkan mengungkapkan bahwa paradigma ekonomi kreatif saat ini sangat mengandalkan ide, gagasan, atau kreativitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.

Pertumbuhan industri kreatif dunia kini juga sangat berkembang dengan pesat. United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) mencatat pada tahun 2015 nilai global produk dan jasa kreatif di dunia mencapai US$509 miliar. Angka ini naik drastis dibandingkan pada tahun 2002 yang hanya mencapai US$208 miliar.

Cara Menjadi Seorang Ilustrator

Ilustrasi pekerjaan Ilustrator / Shutterstock

Untuk menjadi seorang ilustrator yang memiliki kemampuan di bidangnya, kamu harus menempuh pendidikan strata 1 Desain Komunikasi Visual (DKV). Pendidikan ini akan ditempuh paling cepat empat tahun, dalam masa kuliah kamu akan mempelajari beberapa software yang berhubungan dengan desain grafis, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Premier, CorelDraw, SketcUp, dan lain sebagainya.

Selain jurusan DKV, kamu juga bisa mengambil jurusan Seni Rupa untuk menjadi seorang ilustrator atau berbagai macam jurusan kesenian lainnya.

Usai menempuh pendidikan di jurusan DKV atau seni lainnya, kamu bisa mengambil beberapa sertifikasi yang bisa memudahkan kamu untuk menekuni profesi ini, diantaranya adalah Digital Media Design sertifikat akan didapat dengan mempelajari media arts.

Kamu yang akan mengambil program ini nantinya dilatih untuk mahir dalam penggunaan digital imaging dan alat media produksi seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe InDesign.

Tugas Utama Ilustrator

Ilustrasi pekerjaan Ilustrator / Shutterstock

Seorang ilustrator tak cuma memiliki tugas menggambar ya, Oppal Gengs. Kalau kamu mau jadi ilustrator andal, kamu harus memiliki ide kreatif dan out of the box, supaya visual yang dihasilkan bisa menyampaikan pesan tertentu tanpa perlu menambahkan kata-kata.

Selain jago gambar, seorang ilustrator juga wajib memiliki taste terhadap apa yang dibuat. Pasalnya, ia harus menerjemahkan apa yang diinginkan klien ke dalam bentuk gambar yang menarik. Kemampuan komunikasi yang baik juga harus dimiliki ilustrator agar bisa bernegosiasi dengan calon kliennya.

Cabang Pekerjaan Ilustrator

Ilustrasi pekerjaan Ilustrator / Shutterstock

Pada praktiknya, seorang ilustrator memiliki beberapa cabang pekerjaan yang akan diemban dengan tanggung jawab yang berbeda pula. Lalu, apa saja cabang pekerjaan dari ilsutrator ini?

Ilustrator Fesyen

Banyak yang mengira bahwa profesi ilustrator fesyen sama dengan desainer fesyen. Pada kenyataannya, kedua profesi ini memiliki perbedaan. Ilustrator fesyen bertugas untuk membuat ilustrasi mode yang menarik, sementara desainer fesyen akan menerjemahkannya menjadi kenyataan.

Beberapa ilustrator fesyen ternama asal Indonesia yang kini menjadi inspirasi anak muda adalah Dinda Puspitasari, Katherine Karnadi, Diela Maharanie, Talitha Maranila, dan Naela Ali.

Ilustrator Komik

Ilustrator komik adalah ia yang membuat gambar untuk komik cetak maupun digital. Pernah baca komik di webtoon? Yak, itu lah salah satu contoh karya ilustrator komik. Selain menggambar, ilustrator komik memiliki tantangan terbesar yaitu pada alur cerita.

Ilustrator Storyboard

Tugas ilustrator storyboard mirip dengan seorang ilustrator komik. Bedanya, hasil karya ilustrator storyboard akan menjadi acuan dalam proses pengambilan gambar untuk video atau film.

Kalau kamu Oppal Gengs, mau jadi ilustrator apa, nih?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 thoughts on “Mau Jadi Ilustrator? Yuk, Cek Jurusan Kuliah DKV

  1. Artikelnya bagus, kang. Saran saya tambahin juga untuk ilustrator gim.