Mau Mudik Pakai Mobil Listrik? Ini Titik SPKLU di Rest Area Jalan Tol

Buat kamu yang mudik pakai mobil listrik, daftar SPKLU ini penting untuk jadi catatan!

122
SPKLU

Sambut mudik Lebaran tahun 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) meningkatkan pelayanan mereka, termasuk fasilitas di Tempat Istirahat dan Pelayanan/TIP (rest area) di jalan tol.

Salah satunya adalah untuk mengantisipasi semakin banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan listrik yakni dengan menyediakan charging point atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area jalan tol.

Melihat website PUPR, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Jubir (Juru Bicara) Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, mengatakan pada mudik lebaran tahun ini, BUJT bersama dengan mitra terkait sudah menyiapkan SPKLU di 14 titik rest area jalan tol.

“Kami sekaligus regulator penyelenggara layanan jalan tol tentunya menyambut positif inisiatif BUJT bersama mitra terkait. Charging point atau SPKLU ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR untuk mendorong terbentuknya ekosistem mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang lebih baik,” kata Bapak Endra S Atmawidjaja di laman PUPR (pu.go.id).

Foto SPKLU
Foto SPKLU di website Kementerian PUPR

Bapak Endra juga menambahkan bahwa saat ini SPKLU yang tersedia berjumlah 14 unit yang tersebar di beberapa ruas tol Trans Jawa dan Jakarta-Merak. Dengan demikian, diharapkan para pemudik bisa merasa lebih aman, nyaman, dan tenang berkendara mobil listrik.

SPKLU
Foto website Kementerian PUPR

Adapun penyediaan SPKLU ini dilakukan mengingat jumlah mobil listrik yang sudah meningkat cukup signifikan di Indonesia.

Berdasarkan laporan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik di Indonesia saat ini sudah sebanyak 15.437 unit sepanjang 2022. Jumlah ini jauh melesat 383,46% dibanding tahun sebelumnya.

Daftar SPKLU di Rest Area Jalan Tol

Lokasi SPKLU di rest area jalan tol Indonesia
Foto website Kementerian PUPR

Tol Jakarta – Merak di rest area KM 13A

Tol Trans Jawa di rest area KM 6B

Tol Trans Jawa di rest area KM 208B

Tol Trans Jawa di rest area KM 389B

Tol Trans Jawa di rest area KM 456B

Tol Trans Jawa di rest area KM 519B

Tol Trans Jawa di rest area KM 616B

Tol Trans Jawa di rest area KM 207A

Tol Trans Jawa di rest area KM 379A

Tol Trans Jawa di rest area KM 519A

Tol Trans Jawa di rest area KM 626A

Tol Trans Jawa di rest area KM 695A

Tol Jagorawi di rest area KM 10A

Tol Jagorawi di rest area KM 21B

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.