Mau Mudik Tapi Kepikiran Hewan Peliharaan? Begini Saran Petugas

Galau meninggalkan binatang peliharaan kesayanganmu? Cek tips berikut!

167
Mudik

Kamu mau mudik tapi masih kepikiran sama hewan peliharaan? Memang, beberapa orang tidak bisa lepas dari hewan peliharaannya karena mereka dekat dan cinta dengan peliharaannya.

Nah, untuk kamu yang galau meninggalkan peliharaanmu, ada pesan dari Bapak Suheri selaku Kepala Bidang Operasional Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, terkait dengan hewan peliharaan kesayangan yang akan kamu tinggal saat mudik lebaran.

Ilustrasi hewan peliharaan/Shutterstock

“Saya kira untuk hewan peliharaan bisa bekerja sama dengan penitipan hewan. Kalau jumlahnya banyak, bisa meminta siapa yang sudah dikenal dan biasa mengurus,” ucap Bapak Suheri saat wawancara eksklusif bersama redaksi Oppal.

Ilustrasi hewan peliharaan/Shutterstock

“Biar bagaimanapun itu (hewan peliharaan) tetap harus dijaga karena dia adalah makhluk hidup yang memiliki keberlangsungan hidup dan supaya tidak membahayakan orang lain juga. Namanya naluri binatang, kalau tidak dikasih makan bisa membahayakan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Bapak Suheri.

Selain itu, Bapak Suheri juga memberikan saran kepada para pemudik untuk menyimpan barang berharganya di tempat yang benar, salah satu caranya adalah dengan menitipkan di jasa penitipan barang.

Ilustrasi hewan peliharaan/Shutterstock

“Saya rasa kalau meninggalkan barang berharga di rumah juga tidak aman, ya. Sekarang kan banyak jasa layanan yang terkait penyimpanan barang-barang berharga. Penjaminnya secara keselamatan sudah sesuai, misalnya disimpan di lemari tahan api, sehingga dokumen yang berharga bisa aman tentunya,” ucap Bapak Suheri lebih jauh.

Baca juga: “Kisah 7 Petugas Damkar yang Dapat Penghargaan di Kebakaran Plumpang

Bapak Suheri juga berpesan, jika pada musim mudik nanti masyarakat ada yang menemukan keadaaan darurat di lingkungan sekitar, bisa menghubungi pihak terkait dengan menelepon ke nomor 112.

Ticketing-nya tetap ke 112, baru nanti dari sana itu dipecah ke pihak terkait. Misalkan kalau pencurian masuk ke polisi dan lain sebagainya,” tutup Bapak Suheri.  

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.