Melihat Ratusan Koleksi Kain Batik di Museum Batik Indonesia

Museum Batik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah tampilkan koleksi batik Indonesia.

251
0
Museum Batik Indonesia

Bagi para penggemar batik, kini kamu bisa mengunjungi Museum Batik Indonesia yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, untuk melihat koleksi-koleksi batik dari berbagai wilayah di Indonesia.

Museum Batik Indonesia ini dibangun sejak 2014, dan berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Museum ini resmi dibuka untuk masyarakat umum bertepatan dengan Hari Museum Indonesia, yakni pada 12 Oktober 2022 lalu.

Pembangunan Museum Batik Indonesia ini juga merupakan tindak lanjut dari pencatatan Batik Indonesia ke dalam UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity, pada 2 Oktober 2009.

“Karena Batik Indonesia masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO, pemerintah merasa perlu mendirikan Museum Batik Indonesia sebagai Lembaga untuk mewariskan pengetahuan seputar batik,” ujar Koordinator Museum Indonesia Archangela.

Selain itu, Museum Batik Indonesia menyimpan 860 koleksi kain batik yang diperlihatkan dalam tujuh ruang sesi berbeda. Tujuh ruang tersebut adalah Ruang Sejarah Batik Nusantara, Ruang Khazanah Batik Nusantara, Ruang Teknik Pembuatan Batik, Ruang Penggunaan Batik secara Tradisional, Ruang Perkembangan Batik, Galeri Kemasyuran dan Ruang Kesimpulan.

Seluruh koleksi kain batik tersusun apik di museum ini. Beberapa di antaranya bahkan dikenakan pada manekin untuk memperagakan bagaimana pemakaian busana batik yang benar.

Pengunjung yang datang bisa melihat sejumlah corak batik khas keraton dan kesultanan di Indonesia, seperti Yogyakarta, Surakarta, Cirebon, Lasem, dan Pekalongan. Namun, bagi yang ingin berkunjung, ada aturan dan jam operasional yang perlu diketahui.

Aturan tersebut antara lain memakai masker saat mengambil foto, dilarang menyentuh koleksi, dilarang makan, minum, merokok, dan membuang sampah sembarangan, dilarang menggunakan flash saat mengambil gambar karena dapat memengaruhi kualitas kain batik, serta berdampak pada kerapuhan kain, dan juga hand sanitizer.

Untuk mengunjungi Museum Batik Indonesia, kamu bisa mengunjungi link website yang tertulis pada akun Instagram Museum Batik Indonesia untuk membuat janji lebih dulu. Sedangkan, untuk tiket masuk museum saat ini masih gratis.

Yuk, kita lestarikan budaya batik dan ramaikan Museum Batik Indonesia, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *