Mengenal Provinsi Lampung, Bukan Sekadar Gajah dan Way Kambas

Fakta soal Lampung ini menarik kamu ketahui, bahkan unik-unik.

102
Lampung

Provinsi Lampung menjadi salah satu wilayah Indonesia yang menjadi gerbang utama menuju Pulau Sumatra. Dengan total kepadatan 5.332/kilometer persegi, Lampung menjadi salah satu kota terpadat yang ada di Pulau Sumatra usai Kota Medan.

Secara geografis, Lampung merupakan gerbang utama Pulau Sumatra, tepatnya kurang lebih 165 km sebelah barat laut Jakarta. Kota ini memiliki andil yang penting dalam jalur transportasi darat dan aktivitas perindustrian logistikl dari Jawa menuju Sumatra maupun sebaliknya.

Lampung sangat terkenal dengan daerah Way Kambas yang menjadi tempat penangkaran gajah. Namun, Lampung bukan tentang Way Kambas saja, ada beberapa keunikan Provinsi Lampung yang harus diketahui masyarakat luas, apa saja itu?

Lampung Adalah Kota Pelabuhan

Foto Pelabuhan Bakauheni yang ada di Lampung/Shutterstock

Lampung adalah daerah yang memiliki beberapa pelabuhan untuk berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah Pelabuhan Panjang yang merupakan pelabuhan ekspor-impor bagi provinsi ini. Selain itu, Lampung juga memiliki Pelabuhan Srasem yang menjadi pelabuhan untuk lalu lintas distribusi batu bara dari Sumatra ke Jawa.

Ada juga Pelabuhan Bakauheni yang begitu ikonik, pelabuhan ini menghubungkan Sumatra dengan Pulau Jawa via laut. Ratusan trip feri penyeberangan dengan 24 buah kapal feri dari beberapa operator berlayar menyebrangi Selat Sunda yang jadi penghubung antara Bakauheni dan Merak di Provinsi Banten.

Menara Siger yang Jadi Ikon Provinsi Lampung

Foto Menara Siger yang ada di Lampung/Shutterstock

Kalau kamu berlayar dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni, pasti akan melihat menara Siger ketika sudah mendekati pelabuhan itu. Menara Siger seakan menjadi penyambut para tamu yang datang dari Pulau Jawa ke Sumatra.

Siger adalah sebuah mahkota pengantin asal Lampung. Siger juga kerap digunakan untuk acara-acara sakral atau upacara adat di sana. Siger berarti kebesaran, kemewahan, keagungan, berbudi pekerti, dan berbudaya meski di tengah kota yang memiliki beragam etnis dan agama.

Gunung Krakatau

Foto Gunung Krakatau di Lampung/Shutterstock

Provinsi Lampung juga memiliki gunung purba tua yaitu Gunung Krakatau. Gunung ini terletak di Selat Sunda, Lampung Selatan. Gunung Krakatau juga sudah pernah meletus hebat pada tahun 1883 hingga menciptakan gunung-gunung kecil baru yang dinamakan Gunung Anak Krakatau.

Saat ini, Gunung Krakatau dan Anak Krakatau masih dijadikan tempat wisata yang menantang bagi beberapa pengunjung yang datang. Status dari Gunung Anak Krakatau sendiri pun masih aktif.

Ada Kampung Bali di Provinsi Lampung

Foto Kampung Bali Lampung/Shutterstock

Lampung memang terkenal dengan masyarakat transmigran yang datang ke lokasi itu. Sangking banyaknya, ada satu wilayah di Provinsi Lampung yang diberikan nama “Kampung Bali”. Sesuai dengan namanya, Kampung Bali didominasi oleh masyarakat Bali yang datang ke Lampung.

Ada beberapa Kampung Bali di sana, seperti di Kabupaten Way Kanan, Pesawara, Mesuji, Tulang Bawang, Pringsewu, Lampung Timur, Lampung Selatan, dan Tulang Bawang Barat.

Wilayah Transmigran Pertama di Indonesia

Foto persawahan yang ada di Lampung/Shutterstock

Daerah Lampung juga menjadi daerah transmigrasi pertama di Indonesia. Pada masa Kolonial Belanda, banyak kepala keluarga dari Jawa dipindahkan ke Lambung.

Bahkan, ada satu kampung di Jawa semuanya dipindahkan ke Provinsi Lampung untuk dipekerjakan di sana. Maka dari itu, jangan heran kalau banyak daerah di Lampung diberi nama seperti di jawa kayak Bagelen, Pringsewu, Kali Rejo, Wates, Sidomulyo, dan lain sebagainya.

Baca juga: “Sejarah Nama Senayan, Menteng, Kuningan, Harmoni, Ancol dan Condet di Jakarta

Gimana Oppal gengs, makin tau soal beberapa keunikan Provinsi Lampung kan, jadi bukan cuma Way Kambas dan gajah saja. Gimana menurut kamu? Banyak rahasia yang terpecahkan? Hehe.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.