Museum of Space Available Telah Dibuka di Bali

309
0
Museum of space available

Space Available, platform kreatif dan studio desain yang bergerak dalam isu lingkungan, meresmikan pembukaan Museum of Space Available di Canggu, Bali. Sebuah museum yang disebut sebagai “galeri dunia baru dan pusat desain sirkular”.

Museum of Space Available merupakan wujud kolaborasi antara pendiri Space Available, Daniel Mitchell, dan para arsitek dari Sidarta and Sandjaja dengan memberdayakan 200.000 botol plastik bekas Robries, sebuah dari firma sirkular asal Indonesia. Museum of Space Available menjadi wadah pengarsip ide dan gagasan yang berfokus pada gaya hidup sirkular yang menjaga keberlangsungan lingkungan.

Di bangunan yang terdiri dari dua lantai ini, pengunjung dapat menikmati berbagai karya dari para seniman, desainer, ilmuwan, dan ahli lingkungan yang memiliki spesialisasi di bidang bio-inovasi, daur ulang limbah secara radikal, daur ulang yang menghasilkan karya baru, dan kerajinan masa depan. Museum dilengkapi dengan upcycling bar dan recycling station yang menyediakan layanan perbaikan seluruh produk Space Available secara gratis. Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat menyelami lebih dalam tentang gaya hidup sirkular melalui workshop yang diadakan Space Available.

Menurut Daniel, berbeda halnya dengan museum-museum di dunia yang menampilkan sejarah masa lalu, Museum of Space Available menghadirkan sebuah ruang untuk menjelajah masa depan. Menciptakan pengalaman yang mampu mengarsipkan dan mengeksplorasi visi maupun sistem yang membentuk ulang kehidupan orang-orang ke depan.

Seiring dengan pembukaan, Museum of Space Available meluncurkan sebuah pameran bertajuk Plastic People yang berlangsung hingga 26 Agustus 2022. Pameran ini berupaya menguak kisah tentang plastik sintetis, kelebihan dan kekurangan plastik sebagai salah bahan baku utama yang digunakan oleh manusia, pengaruhnya terhadap budaya konsumen, dan dampaknya terhadap bumi serta kesehatan. Melalui pameran ini, pengunjung juga diajak untuk mengeksplorasi bagaimana industri desain dan seni mampu berperan dalam membangun sistem sirkular yang ramah lingkungan.

Museum of Space Available buka setiap hari Selasa-Minggu dari jam 11 pagi hingga jam 7 malam. Untuk info lebih lanjut mengenai Space Available, silakan kunjungi https://spaceavailable.tv/ dan follow akun Instagram-nya, @space_available_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *