Olahraga yang Cocok Untuk Kamu yang Zuper Sibuk

Olahraga ini dapat dilakukan di rumah maupun di kantor loh.

225
0
Ilustrasi olahraga push up

Memelihara kebugaran tubuh merupakan salah satu cara terbaik untuk tetap bisa menjaga kondisi badan fit setiap harinya. Ada pepatah lama mengatakan “di dalam tubuh yang sehat, ada jiwa yang kuat”, menjadi sebuah ungkapan jadul yang jika dipikirkan memiliki makna mendalam.

Badan yang kuat menjadi cerminan diri bagaimana gaya hidup yang dilakukan orang tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh badan yang sehat, salah satunya adalah dengan olahraga sederhana.

Olahraga sederhana ini juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas super sibuk dan tidak sempat pergi ke tempat fitness. Lalu, apa saja jenis olahraga sederhana dan bisa dilakukan di rumah? Langsung aja scroll ke bawah Gengs.

Jogging

Ilustrasi jogging bersama
Ilustrasi jogging bersama/Shutterstock

Jogging atau lari dengan langkah kecil menjadi salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan tanpa membutuhkan modal sama sekali. Eh ada deh modalnya, cuman modal niat aja tapi hehe. Kamu bisa memanfaatkan halaman di depan rumah atau tempat yang sedikit lapang untuk melakukan olahraga jogging.

Sebelum melakukan jogging, sebaiknya kamu melakukan pemanasan dulu ya untuk menghindari cedera dan lain sebagainya. Untuk waktu jogging sendiri, juga tidak memerlukan waktu yang lama kok. Asalkan rutin, olahraga ini bisa menjaga kondisi tubuh agar bugar setiap harinya.

Gerakan Duduk-Berdiri

Ilustrasi olahraga di kantor
Ilustrasi olahraga di kantor/Shutterstock

Olahraga duduk-berdiri ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat mudah dilakukan. Kamu hanya membutuhkan media bangku untuk melakukan kegiatan ini. Lakukan gerakan duduk selama tiga detik lalu berdiri. Lakukan gerakan itu berulang kali seusai dengan irama.

Perlu diingat, saat melakukan gerakan ini jangan bersandar dan posisi tubuh harus tegak dengan tatapan lurus ke depan dan posisi perut ditarik ke depan. Selamat mencoba!

Push-up

Gerakan push-up / Shutterstock

Push-up termasuk olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan. Karena kamu bisa melakukannya di mana saja dengan ruangan yang kecil sekalipun. Gerakan push-up dimulai dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan, kemudian badan didorong keatas dengan kekuatan tangan dengan posisi badan dan kaki tetap lurus atau legap.

Sit-up

Ilustrasi olahraga situp
Ilustrasi olahraga situp/Shutterstock

Gerakan sit-up sesungguhnya sama dengan gerakan push-up. Olahraga yang satu ini juga sangat mudah dilakukan. Posisi awal untuk gerakan ini adalah kamu harus berbaring dengan posisi kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menyentuh tangan.

Atau kaki bisa dalam posisi lurus, posisi tangan bisa diluruskan ke depan, disilangkan di depan dada atau ditekuk dengan posisi telapak tangan tepat di belakang kepala.

Lalu, angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan posisi badan seperti semula. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu kamu. Gerakan ini berguna untuk melatih otot di bagian perut.

Wall-sit

Contoh gerakan wall-sit / Shutterstock

Wall-sit merupakan olahraga yang memanfaatkan dinding yang ada untuk melakukan gerakan ini. Carilah area dinding yang kosong, berdirilah tegak membelakangin dinding dengan bagian punggung menempel.

Baca Juga: “Supaya Manfaatnya Maksimal, Cek Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

Lalu, turunkan badan dengan menekuk lutut sehingga tubuh seperti pada posisi duduk di kursi, setelah tiga detik berdirilah kembali. Lakukan gerakan ini secara berulang sesuai dengan kemampuan kamu ya. Soalnya, gerakan ini bikin ngilu paha euyyy.

Jadi, olahraga apa yang akan kamu coba besok Oppal Gengs? Semangat lebih sehat di tahun 2023 yaa.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *