Penampakan Mobil Terbang Pertama Mengudara di Langit Dubai

Mobil terbang tanpa awak pertama di dunia mengudara di langit Dubai, Uni Emirat Arab. Mobil dengan kapasitas dua orang ini terbang selama kurang lebih 90 menit.

281
0

Mobil terbang pertama di dunia mengudara di langit Dubai, Uni Emirat Arab, pada 10 Oktober 2022. Mobil dengan kapasitas dua orang tersebut ditampilkan dalam sebuah pameran tahunan teknologi bernama Gitex 2022.

Mobil terbang perintis dengan nama eVTOL X2 ini dirancang oleh produsen kendaraan listrik asal China Xpeng dan muncul pertama kali di langit Dubai, tepatnya di Skydive. Mobil ini melakukan uji coba terbang selama kurang lebih 90 menit di atas kerumunan penonton yang datang.

Mobil terbang
Source: Reuters/Amr Alfiky

Hal ini menjadi era baru penerbangan jarak pendek dan solusi mobilitas yang cerdas. Mobil tanpa awak ini berhasil terbang dengan jarak pendek dan memikat para pencinta teknologi yang datang. Mobil terbang eVTOL X2 ini juga sudah dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan cerdas dan kemampuan perkembangan otonom.

Mobil canggih ini diklaim berhasil memancarkan nol karbon dioksida dan dirancang sangat mempertimbangkan kemampuan kota dataran rendah dengan kecepatan penerbangan maksimum 130 kilometer per jam.

Source: Reuters/Amr Alfiky

Pengembang sekaligus produsen dari mobil terbang ini mengatakan bahwa eVTOL X2 nyata dan bisa menjadi cara baru bagi manusia untuk bepergian, bekerja, dan hidup dalam beberapa tahun ke depan.

Hal ini menjadi solusi baru untuk transportasi dunia di tengah tingkat kemacetan di beberapa negara sangat tinggi. Kemajuan dalam kepadatan energi baterai, ilmu material, dan simulasi komputer kini sudah mendorong pengembangan berbagai kendaraan terbang pribadi.

Mobil terbang
Source: Reuters/Amr Alfiky

Sony dan Honda juga akan membuat mobil listrik pertama dan akan siap menyapa masyarakat pada 2026 mendatang. Pasar Amerika akan menjadi yang pertama merasakan sensasi produk electric vehicle (EV) premium itu.

Joint venture yang dilakukan Sony Honda Mobility ini akan membuka pre-order dan memulai produksi pada 2025 mendatang di 12 pabrikan Honda negeri Paman Sam. Sangat menarik menantikan kehadiran mobil terbang ini di seluruh dunia.

Sudah terbayang belum gengs nanti akan ada mobil terbang di Indonesia? Kayaknya bakal seru, ya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *