Penuh Tantangan, Begini Tahapan Menjadi Miss Universe

Miss Universe merupakan kontes kecantikan internasional yang sudah ada sejak tahun 1952.

285
0
Miss Universe

Miss Universe merupakan kontes kecantikan internasional yang sudah ada sejak tahun 1952. Setiap tahunnya, gelaran Miss Universe mempersilakan negara pesertanya untuk mengirimkan wakil terbaiknya, dengan syarat para peserta ini akan dikenakan biaya yang harus diberikan kepada penyelenggara sebagai hak waralaba.

Kandidat yang diperbolehkan mengikuti kompetisi ini adalah para perempuan yang pada tahun tersebut memenangkan sebuah kontes kecantikan di tingkat nasional. Pada umumnya, kontes kecantikan tingkat nasional melibatkan kompetisi kecantikan yang ada di kota-kota besar.

Indonesia sendiri sudah mengikuti ajang ini sejak tahun 1974, yang kala itu diadakan di Manila, Filipina. Hingga tahun 2021 silam, sudah ada delapan perwakilan dari Indonesia yang berhasil menembus babak semifinal dan satu perwakilan Indonesia yang berhasil memenangkan penghargaan khusus.

Tahapan untuk Bisa Jadi Miss Universe

Untuk menjadi seorang Miss Universe, ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Selain umur yang sudah masuk kriteria, ada juga peraturan bahwa kontestan tidak boleh yang sudah menikah atau sedang hamil. Lalu, apa lagi tahapan serta aturan yang ada pada Miss Universe? Selengkapnya ada di bawah ini.

Memiliki Usia yang Cukup

Kontestan dari Miss Universe harus memiliki umur yang cukup. Seorang peserta harus berumur antara 18 sampai dengan 27 tahun per Januari tanggal 1 di tahun dia berkompetisi. Hal ini menjadi syarat utama jika kamu ingin menjadi Miss Universe.

Belum Menikah

Peserta Miss Universe tidak boleh menikah atau sedang hamil, pernah menikah, melakukan anulasi (proses yang membuat perkawinan seseorang dianggap tidak berlaku) atau melahirkan atau memiliki anak.

Ketahui Pengujian yang Dilakukan Selama Kompetisi

Biasanya, para peserta Miss Universe akan diuji pada tiga kategori. Di antaranya adalah gaun malam, baju renang, dan wawancara kepribadian. Kontes ini juga tidak akan menguji keahlian dari para peserta yang ada.

Tahapan yang paling sulit adalah ketika diwawancarai, seorang calon Miss Universe harus memiliki pemahaman yang luas terkait topik apa pun. Di tahapan ini lah calon Miss Universe ditantang untuk menjawab sebuah pertanyaan dalam kurun waktu tertentu. Pertanyaan ini sendiri diberikan langsung oleh dewan juri yang hadir, tanpa ada bocoran terlebih dahulu sebelumnya.

Mengikuti Kontes Kecantikan di Masing-masing Negara

Untuk mengikuti kontes kecantikan Miss Universe, kontestan harus mendaftar melalui perwakilan Miss Universe yang berada di masing-masing negara. Untuk Indonesia sendiri, kontestan harus mengikuti kontes kecantikan Puteri Indonesia dan menjadi juara sehingga bisa mewakili Indonesia di ajang Miss Universe.

Laksmi DeNefee Jadi Wakil Indonesia di Miss Universe 2022

Gelaran Miss Universe 2022 akan diselenggarakan pada 14 Januari 2023 di New Orlens, Amerika Serikat. Tahun ini, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) dan Mustika Ratu mengirimkan perwakilannya di ajang Miss Universe 2022, yaitu Laksmi DeNeefe Suardana.

Laksmi akan bersaing dengan lebih dari 80 orang finalis dari negara lainnya dan dikarantina selama beberapa hari dari tanggal 3 Januari 2023 sampai malam puncak di tanggal 14 Januari 2023. Nantinya, Laksmi DeNeefe juga akan mempromosikan produk-produk industri berbasis budaya karya anak bangsa.

Laksmi merupakan Puteri Indonesia pertama yang berasal dari Bali yang terpilih pada bulan Mei 2022 kemarin. Ia merupakan wanita kelahiran Melbourne 29 Januari 1996. Laksmi bertekad akan membawa pulang gelar Miss Universe ke Indonesia lewat berbagai persiapan yang sudah dijalani.

Laksmi juga meminta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mendukung dirinya. Mari kita doakan semoga Laksmi bisa tampil maksimal dan meraih gelar Miss Universe 2022.

Kamu juga bisa vote Laksmi DeNeefe agar bisa menjuarai kompetisi Miss Universe 2022. Bagaimana caranya? Langsung aja klik di sini.

OPPAL Adakan Nonton Bareng Miss Universe 2022

Untuk mendukung Laksmi DeNeefe dan gelaran Miss Universe 2022, OPPAL sebagai salah satu media partner Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia, menyelenggarakan acara nonton bareng dengan tajuk โ€œThe Most Glamorous Miss Universe Watch-Party Everโ€.

Acara ini akan diselenggarakan pada hari Minggu, 15 Januari 2023 pukul 06.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB di Ruang Teater Museum Nasional, Jakarta. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa klik link ini ya Gengs. Sampai bertemu hari Minggu!

Baca Juga: “Laksmi DeNeefe Siap Perkenalkan Indonesia Secara Global di Miss Universe 2022

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *