Piala Dunia 2022: Kecanggihan Teknologi Sampai Sejarah yang Dipecahkan

Euforia perayaan Piala Dunia 2022 masih akan ramai sampai beberapa hari ke depan.

210
0
Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 baru saja selesai, namun euforia perayaannya sepertinya masih akan ramai sampai beberapa hari ke depan. Banyak peristiwa menarik pada Piala Dunia 2022 kali ini, mulai dari stadion yang terbuat dari tumpukan kontainer hingga kecanggihan teknologi yang digunakan.

Bahkan, tak sedikit juga sejarah yang tercipta pada perhelatan pesta sepak bola terbesar di dunia ini. 32 klub yang bertanding berhasil menunjukkan berbagai macam kejutan. Terutama, tim-tim asal Asia dan Afrika yang bermain cukup baik dan tanpa beban.

Berikut OPPAL berikan deretan serba-serbi seputar Piala Dunia 2022 yang baru saja selesai.

Piala Dunia 2022 Cetak Sejarah Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah

Foto para pemain Belanda / Shutterstock

Piala Dunia 2022 berhasil mencetak rekor gol terbanyak sepanjang sejarah turnamen sepak bola empat tahunan ini. Total, ada 172 gol dalam 64 pertandingan yang dicetak para pemain dari 32 negara peserta.

Hal ini berarti, pesta sepak bola terbesar di dunia ini menjadi yang paling subur semenjak pertama kali diselenggarakan pada 1930 silam. Jumlah gol ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang pada edisi 1998 di Prancis dan 2014 di Brasil. Kedua gelaran ini berhasil mengoleksi 171 gol dengan jumlah pertandingan yang sama.

Sesungguhnya, rekor ini bisa tercipta karena adanya 6 gol yang tersaji di partai final antara Argentina vs Prancis, pada Minggu, 18 Desember 2022.

Qatar Jadi Negara Tuan Rumah Pertama dari Timur Tengah

Piala Dunia 2022
Piala Dunia 2022 / Shutterstock

Negara bagian Timur Tengah tampaknya bangga sekali memiliki Qatar yang menyelenggarakan pesta sepak bola terbesar di dunia dengan baik dan meriah. Bukan tanpa alasan, Qatar menjadi tuan rumah piala dunia menyingkirkan Amerika, Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Sesungguhnya, perjalanan Qatar untuk menjadi tuan rumah ini tidaklah mudah. Pandemi Covid-19, politik antar negara timur tengah, dan lain sebagainya sebenarnya menjadi hambatan utama yang ada. Namun, berkat kerja sama yang baik antar beberapa pihak, maka pesta olahraga sepak bola terbesar di dunia ini bisa berlangsung dengan sangat baik.

Piala Dunia 2022 Gunakan Teknologi Paling Canggih

Al Rihla
Bola Resmi Piala Dunia 2022, Al Rihla / Shutterstock

Bukan Qatar namanya jika tidak memberikan banyak kejutan. Istilah ini nampaknya cukup menggambarkan teknologi canggih yang digunakan di Piala Dunia 2022. Sebut saja Al Rihla, bola yang digunakan saat pertandingan ini dilengkapi dengan sensor gerak untuk memberikan pengetahuan yang belum pernah ada sebelumnya.

Selain itu, ada pula 3D Animation yang berasal dari kamera VAR dan bola. Hal ini dibuat untuk mendeteksi pemain yang ada dalam posisi offside agar terlihat makin akurat dan jelas. Menyadari bahwa cuaca Qatar cukup panas dan gersang, panitia penyelenggara juga memberikan pendingin udara di beberapa venue stadion. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan para penonton dan pemain saat berada di lapangan karena diperkirakan suhu di Qatar bisa mencapai 21-26 derajat celcius pada saat pertandingan berlangsung.

Piala Dunia Qatar Termahal Sepanjang Masa  

Piala Dunia 2022
Stadion Piala Dunia 2022 / middleeasteye.net

Tahukah kamu berapa biaya yang dibutuhkan untuk menggelar Piala Dunia 2022 di Qatar? Menurut berbagai ahli dan laporan, biaya yang dikeluarkan pada Piala Dunia 2022 di Qatar mencapai US$200 miliar atau setara dengan Rp3.142 triliun.

Jumlah yang tidak sedikit untuk menyelenggarakan sebuah event sepak bola. Bahkan, jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan perhelatan pada 2018 silam di Rusia yang menghabiskan biaya sekitar US$15 miliar.

Dengan bujet yang besar, Qatar berusaha memberikan yang terbaik untuk seluruh pecinta sepak bola dunia lewat acara yang sangat luar biasa. Terima kasih Qatar sudah menghibur kami lewat Piala Dunia 2022.

Maroko Cetak Sejarah

Para pemain Timnas Maroko / @team_of_morocco

Tampaknya semua orang sepakat bahwa Timnas Maroko menjadi yang paling mencuri perhatian dari semua negara peserta Piala Dunia 2022. Bukan tanpa alasan, Timnas Maroko menjadi satu-satunya wakil Afrika yang berhasil menembus babak semi final. Selain itu, Maroko juga menjadi tim yang mampu menaklukkan tim-tim besar seperti Portugal, Spanyol, dan lain sebagainya.

Baca Juga: “Argentina Jadi Juara Hingga Kemeriahan Upacara Penutupan Piala Dunia 2022

Semua mata tertuju pada Timnas Maroko pada perhelatan Piala Dunia 2022 ini. Namun sayang, langkah mereka harus terhenti di babak semi final di tangan Prancis dengan skor 2-1. Tetapi, Maroko sudah mencetakkan sejarah di dunia sepak bola dunia dan kini mereka pulang dengan senyum yang lebar di pipi.

Selamat Timnas Maroko sudah menjadi wakil terbaik dari Afrika dan membuat dunia tertuju padamu selama Piala Dunia 2022 ini.

Messi Membawa Argentina Sebagai Juara

Kemenangan Argentina, Fenomena Timnas Maroko hingga beragam sejarah terpecah di Piala Dunia 2022 ini.
Timnas Argentina Juara Piala Dunia 2022/@fifaworldcup

Dalam Piala Dunia 2022 di Qatar ini, Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, juga mencatat sejarah baru. Pemain fenomenal ini akhirnya membawa negaranya, Argentina, meraih gelar untuk ketiga kalinya dalam perhelatan piala dunia dan mendapatkan penghargaan Bola Emas Piala Dunia 2022 sebagai pemain terbaik.

Selama perhelatan piala dunia, Tim Tango memang merupakan salah satu favorit dunia sejak Diego Maradona di tahun 1986 mengantar negaranya jadi Juara Dunia.

Mengantar Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 kini melengkapi prestasi Lionel Messi. Selama ini ia sudah mengantongi 7 Ballon d’Or (pemain terbaik dunia) dan mengantarkan klub serta negaranya menjuarai berbagai kompetisi di kancah internasional, dan kini ia menjadi pemain terbaik dalam gelaran piala dunia. Selamat kepada Messi!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *