Ratusan Mahasiswa Hadiri OPPAL Goes to Campus di Pulau Jawa untuk Sebar Jurnalisme Positif

Rangkaian program seminar dan fun workshop with expert di bidang jurnalistik digelar bagi para mahasiswa di beberapa kota mulai tanggal 11 Oktober 2022 hingga 14 Oktober 2022.

208
0

OPPAL, multi-platform media di Indonesia yang menyuarakan positivitas dan optimisme mengadakan roadshow ke kampus – kampus di Pulau Jawa. OPPAL mengunjungi empat kampus sekaligus menyebarkan jurnalisme positif kepada para mahasiswa.

Rangkaian program seminar dan fun workshop with expert di bidang jurnalistik digelar bagi para mahasiswa di beberapa kota mulai tanggal 11 Oktober 2022 hingga 14 Oktober 2022. Untuk gelaran pertamanya ini, “Positive Journalism Goes to Campus” akan berkeliling ke empat kota di Pulau Jawa, yakni di Semarang, Sukoharjo, Yogyakarta, dan Solo.

Keramaian workshop OPPAL di UDINUS

Kampus pertama yang dikunjungi oleh Tim OPPAL adalah Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) di Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (11/10). Berlokasi di gedung TV-KU Udinus, acara ini diikuti sekitar 125 mahasiswa. 

CEO OPPAL Bapak Firman Saat Memberikan Sambutan di UDINUS

Di kampus ini, Co-Founder dan CEO OPPAL Bapak Firman menyampaikan tujuan OPPAL multi-platform media didirikan, “kami ingin agar generasi muda lebih optimis, OPPAL membuat beritanya juga lebih fun, asik dan tetap up to date,” kata Bapak Firman.

Pada keesokan harinya, Rabu (12/10) kampus kedua yang dikunjungi berada di wilayah Sukoharjo, yakni Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara). Acara dilakukan di auditorium dan dihadiri lebih dari 750 mahasiswa dari berbagai fakultas dan angkatan.

OPPAL UNIVET

Di Kampus Univet, Ibu Rektor Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum menyampaikan apresiasi atas kehadiran OPPAL dan menyampaikan harapannya “sebagai mahasiswa harus menjadi contoh bagi masyarakat. Maka kita akan berperan sebagai penyebar berita dengan sudut pandang positif,” ucap Ibu Farida.

Rektor UNIVET dan CEO OPPAL saat Memberikan Plakat di UNIVET

Beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam roadshow ini meliputi Fun Workshop with Expert bersama Editor-in-Chief Oppal Fidel Ali,  peserta dapat mempelajari banyak hal mengenai tata cara penulisan jurnalistik yang positif, kreatif, dan tentunya sesuai dengan kaidah jurnalistik. Ada juga pengajar komunikasi dari kampus yang akan disinggahi dan konten kreator lokalnya. 

OPPAL di UMY

Di kampus ketiga, OPPAL singgah ke Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih tepatnya di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis (13/10). Dalam acara yang dihadiri lebih dari 120 mahasiswa tersebut, Editor In Chief OPPAL Fidel Ali dalam workshop dan writing competition menyampaikan pentingnya menyuarakan jurnalisme positif di masyarakat, “saat ini banyak orang yang terpapar berita-berita negatif, OPPAL hadir memberi perspektif baru dari sudut positif. Harapannya masyarakat jadi lebih optimistis melihat sesuatu.”

Mahasiswa saat Podcast di OPPAL Buzz Studio

Dalam roadshow tersebut, ada juga kompetisi Content Creation dan Photo Competition. Mahasiswa dapat membuat konten di dalam OPPAL Buzz Studio yang hadir di kampus secara langsung, atau berfoto dengan angle yang menarik bersama OPPAL Buzz Studio. Adapun OPPAL Buzz Studio merupakan sebuah medium yang biasa OPPAL gunakan untuk membuat podcast ataupun melakukan kegiatan lainnya yang melibatkan tokoh ternama maupun masyarakat awam dan dapat dilakukan sembari bus berjalan atau berhenti.

OPPAL di UMS

Kampus terakhir yang disinggahi adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Jumat (14/10). Acara yang dihadiri lebih dar 150 mahasiswa di kampus ini juga mengundang konten kreator lokal yang juga dosen sejarah, Mas Heri Priyatmoko, yang menyampaikan cara-cara membuat konten dan tips mengolah konten supaya lebih menarik.

Roadshow ke kampus-kampus di Pulau Jawa ini bertujuan untuk mengenalkan OPPAL sebagai multi-platform media dan menyebarkan jurnalisme positif ke masyarakat. Adapun sasarannya ke kampus karena mahasiswa sebagai kaum terpelajar dan agent of change dapat melakukan perubahan yang lebih positif.

Keramaian di UDINUS saat Mencoba OPPAL Buzz Studio

Antusias mahasiswa mengikuti roadshow tersebut sangat besar, ratusan mahasiswa selalu hadir di setiap kampus yang OPPAL singgahi. Bahkan, tak jarang mahasiswa dari luar kampus pun hadir dalam acara tersebut.

Sebagai multi-platform media, OPPAL senantiasa menggaungkan pesan-pesan positif lewat berbagai artikel di website www.OPPAL.co.id, serta beragam konten di berbagai akun media sosial @oppal_id seperti Instagram, TikTok, dan YouTube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *