Rayakan HUT Jakarta, Google Sampaikan Keyword Paling Banyak Dicari Netizen

Ternyata kata “Jajan” paling banyak dicari!

79
Jakarta

Tanggal 22 Juni, Kota Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-496. Ulang tahun ini merupakan momen istimewa bagi warga Jakarta dan Indonesia. Pemerintah kota dan berbagai pihak bakal menyelenggarakan berbagai acara dan kegiatan untuk merayakan hari bersejarah ini.

Informasi seputar tahun terakhirnya Jakarta menjadi ibu kota negara yang bakal berpindah atau progres pembangunan IKN merupakan salah satu penelusuran yang mengalami peningkatan pesat dalam setahun terakhir.

Kemeriahan ulang tahun Jakarta tentunya nggak lepas dari selebrasi pertunjukan seni dan juga festival budaya, terlebih lagi makanan. Banyak makanan khas Jakarta yang nggak kalah menarik bagi warga yang berdomisili di kota ini, tapi juga menarik perhatian kota di seluruh Indonesia, seperti Riau yang menjadi kota teratas yang menelusuri “cara membuat nasi uduk”.

Google Rayakan HUT Jakarta
Hasil pencarian di hari ulang tahun Jakarta

Untuk tipe makanan yang trending adalah jajan. Jajanan khas Jakarta juga banyak menjadi kata kunci yang dicari oleh masyarakat di Indonesia dari berbagai daerah. Penelusuran seputar kue cucur pun meningkat sebanyak lebih dari 60% dalam setahun terakhir, menjadi istilah pencarian terpopuler di Google selama setahun ke belakang.

Kue pancong juga banyak ditelusuri oleh masyarakat, khususnya di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sedangkan putu mayang mengalami peningkatan pencarian lebih dari 140% selama setahun terakhir.

Nggak cuma makanan, minuman khas Jakarta juga banyak dicari, khususnya warga Jakarta didominasi oleh bir pletok, es doger, dan es selendang mayang. Pencarian tentang asal es doger juga mengalami kenaikan hingga lebih dari 90%.

Masyarakat Jakarta mulai merasakan kenyamanan dalam hal transportasi umum, di mana masyarakat mencari seputar LRT dan TransJakarta yang masing-masing naik lebih dari 70%. Sedangkan, Jakarta MRT mengalami peningkatan lebih dari 90%.

Google Rayakan HUT Jakarta
Hasil penelusuran di hari ulang tahun kota Jakarta

Selain itu, Jak Lingko sebagai moda transportasi umum jenis bus kecil (Mikrotrans) yang bisa diakses masyarakat dengan tarif Rp0, mencuri begitu banyak perhatian warga Jakarta, dengan pencarian “Cara beli kartu Jak Lingko” mengalami peningkatan pesat dalam setahun terakhir, dan pencarian “Jalur Jak Lingko” mengalami peningkatan lebih dari 110% selama setahun terakhir.

“Perayaan ulang tahun Jakarta merupakan momentum yang dinanti dan selalu seru dirayakan oleh masyarakat ibu kota. Google Trends menunjukkan berbagai cara masyarakat untuk merayakannya. Dari pencarian seputar gambar HUT Jakarta yang mengalami lonjakan hingga 100% selama satu tahun terakhir hingga mengekspresikan cinta terhadap Jakarta melalui puisi hut DKI Jakarta,” kata Feliciana Wienathan selku Communication Manager Google Indonesia

“Tentunya ini hanya salah satu antusiasme masyarakat untuk merayakan hari jadi Jakarta ini. Apapun cara perayaannya, beragam fitur di Google bisa membantu masyarakat untuk merayakannya hanya dengan akses melalui ponsel mereka,” ucapnya.

Beragamnya penduduk yang menempati Jakarta membuat kota ini menjadi kota metropolitan yang kian bertumbuh dan kaya akan sejarah. Mari kita bersama-sama menghargai warisan budaya dan sejarah Jakarta, serta berkomitmen untuk terus bekerja keras membangun Jakarta yang lebih baik.

Kalo kamu paling banyak cari apa di Google? Oia, selamat ulang tahun Jakarta!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!