Rute dan Cara Daftar Program Mudik Motor Gratis Kemenhub 2023

Pendaftaran mudik motor gratis ini akan dibuka pada 1 sampai 31 Maret 2023.

409
0
Mudik motor gratis

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) via Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) bakal menggelar program angkut motor gratis (Motis) untuk mudik lebaran tahun 2023.

Dilihat dari kompas.com, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Bapak Djarot Tri Wardhono, mengatakan program Motis 2023 ditargetkan akan dapat melayani lebih dari 40.000 penumpang pada mudik lebaran tahun ini.

“Tercatat pada 2019 sebanyak 19.000 lebih unit sepeda motor telah berhasil difasilitasi pengirimannya secara gratis oleh DJKA,” ucap Pak Djarot dilihat dari laman kompas.com.

Pendaftaran Motis 2023 ini akan dibuka pada 1 sampai 31 Maret 2023. Sementara untuk angkutan mudik Motis 2023 akan diselenggarakan pada 11-20 April 2023 dan angkutan balik pada 25 April-4 Mei 2023.

Nantinya, pihak DJKA akan bekerjasama dengan pelayanan KA Public Service Obligation (KA PSO) untuk mengoptimalkan keselamatan dan kenyamanan program Motis 2023 ini.

Para calon peserta Motis 2023 hanya akan dikenakan biaya Rp10.000 sampai dengan Rp20.000 bersama dengan motornya, murah bukan?

Cara Daftar Program Mudik Gratis Kemenhub 2023

Ilustrasi mudik menggunakan sepeda motor/Shutterstock
  • Peserta program Motis harus melakukan pendaftaran secara online di mudikgratis.dephub.go.id atau di posko yang sudah terdaftar
  • Untuk peserta yang berhasil mendaftar secara online wajib memverifikasi ke posko sesuai waktu yang dipilih ketika mendaftar guna menghindari penghapusan secara otomatis
  • Bagi peserta yang hanya mendaftarkan sepeda motor, diwajibkan memiliki atau menunjukkan bukti mudik moda transportasi lainnya
  • Sepeda motor diserahkan H-1 sebelum tanggal keberangkatan sepeda motor
  • Saat menyerahkan sepeda motor, kamu wajib menunjukkan KTP asli dan bukti pendaftaran
  • Sepeda motor yang masuk ke stasiun penyerahan maupun yang keluar stasiun tujuan akan dibebankan biaya parkir oleh pengelola parkir resmi stasiun
  • Tidak diperkenankan menitip helm dan spion
  • BBM wajib dikosongkan saat penyerahan
  • Kode booking tiket KA akan diberikan pada saat penyerahan sepeda motor
  • Peserta dilarang memberikan tip untuk petugas Motis 2023
  • Para peserta wajib mematuhi aturan yang berlaku untuk Motis 2023

Rute yang Dilayani Program Mudik Motor Gratis 2023

Lintas Utara Jawa: Cilegon – Jakarta Gudang – Semarang Tawang

Lintas Tengah Jawa: Jakarta Gudang – Purwosari

Lintas Selatan Jawa: Kiraracondong – Purwosari

Kalau kamu, pilih mudik pakai apa? 😊

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *