Super Proud! Batik Indonesia Dipakai Pemain NBA Justin Holiday

Ini merupakan upaya pemerintah dalam mempromosikan batik kepada masyarakat internasional.

218
0
Justin Holiday

Pemain NBA (The National Basket Association) Atlanta Hawks, Justin Holiday, terlihat mengenakan batik Indonesia! Momen itu terjadi setelah pertandingan antara Atlanta Hawks dan Milwaukee Bucks di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Ini juga merupakan upaya pemerintah dalam memperkenalkan dan mempromosikan batik kepada masyarakat internasional. Nah, batik yang diserahkan ke Justin Holiday tersebut merupakan kolaborasi antara Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Chicago, desainer Ai Syarif dan Wahono, serta Justin Holiday sejak November 2021.

Anyway, Justin sendiri mengaku merasa terhormat dan bangga bisa mengenakan batik Indonesia.

“Saya pemain NBA, jadi saya tahu rasanya mempunyai fans. Tapi saya belum pernah menerima cinta sebesar cinta yang diberikan orang-orang Indonesia,” kata Justin, Senin, 5 Desember 2022.

Bahkan, Justin juga mengungkapkan bahwa salah satu keinginan terbesarnya adalah pergi ke Bali.

It’s always been in my bucket list! Karenanya suatu hari saya pasti akan datang ke Indonesia, bahkan berpartisipasi di basket showcase,” ucap Justin.

Justin juga enggak lupa memberikan kreditnya pada Rocky Padillah dari Time Out Indonesia karena telah memperkenalkan Indonesia kepadanya.

“Rocky dan orang-orang Indonesia telah memperlakukan saya dengan baik sehingga saya sangat ingin membalas dan menunjukkan rasa cinta dan terima kasih saya kepada Indonesia,” ujar Justin.

Justin pun mengunggah foto dan video dirinya saat memakai baju batik di akun Instagram @justholla7. Di video itu, Justin terlihat sangat kagum dengan motif, kualitas, dan model baju batik yang dibuat custom-made sesuai dengan tingginya yang menjulang, yakni 1,98 meter.

Yang spesial dari batik ini adalah batik tersebut merupakan hasil karya salah satu pemenang Lomba Batik Persahabatan Indonesia dan AS berjudul The Best of Both Worlds: Batik as Bridge Between Two Nations.

Dalam lomba yang bertajuk “Cakra Asih Pinager Lung”, batik itu menggambarkan kebijaksanaan, cinta kasih, kebijakan, dan ilmu pengetahuan.

Well, pemberian batik ke pemain NBA ini bukanlah satu-satunya, karena Konjen (Konsul Jenderal) KJRI Chicago Meri Binsar Simorangkir mengatakan pihaknya berencana untuk terus memperkenalkan Indonesia pada AS.

Pemberian batik yang dikenakan Justin ini juga menjadi ajang untuk mencapai hal yang lebih baik bersama audiens yang selama ini belum pernah tersentuh.

“Kami tidak hanya ingin Justin Holiday mengenakan batik, tapi juga ingin Justin Holiday datang ke Indonesia, berlibur ke Bali dan juga bertemu dengan pencinta basket di Indonesia,” tutur Meri.

Di sisi lain, desainer Ai Syarif menjelaskan proses terciptanya batik tersebut. Semua berawal ketika KJRI Chicago menghubunginya untuk menjadi juri lomba batik. Lalu, ia bekerja sama untuk memproduksi batik yang motifnya juga merupakan buah karya Wahono.

Setelah pattern-nya selesai, pihak desainer mulai mengerjakannya dengan pembuatan alat cap di Bangka Belitung. Batik itu dibuat langsung di Lasem, Rembang.

Enggak cuma itu, Ai Syarif juga menyesuaikan batik ini dengan gaya personal Justin Holiday. Karena, batik yang dibuat bukanlah berupa kemeja tradisional, tetapi overcoat, bomber jacket, dan celana training.

Momen spesial ini juga masuk ke radar Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Bahkan, Pak Sandiaga Uno mengunggah video dan foto batik yang dikenakan Justin Holiday di akun Instagram pribadinya.

Keren banget! Enggak cuma batik, semoga Indonesia bisa terus mempromosikan kekayaan dan keindahan lainnya ke kancah internasional!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *