Taj Mahal hingga Candi Prambanan, Ini 7 Bangunan Bukti Cinta Sejati

Cinta sejati memang abadi, apalagi sampai diabadikan melalui bangunan ya gaess.

233
0
Cinta sejati

Dua orang yang dipersatukan oleh kekuatan cinta memang memiliki rasa saling memiliki yang luar biasa. Cinta sejati akan kekal abadi meski orang yang kita cintai sudah tidak ada di sisi. Banyak hal yang bisa dilakukan dan menjadi bukti cinta kita kepada seseorang.

Salah satunya adalah bangunan. Beberapa bangunan di bawah ini membuktikan bahwa cinta sejati memiliki kenangan yang begitu mendalam. Tak hanya itu, patah hati, cinta tak direstui, sampai dengan cinta bertepuk sebelah tangan juga bisa digambarkan lewat bangunan.

Tepat pada Hari Valentine hari ini, OPPAL akan memberikan informasi tentang bangunan yang dibuat sebagai bentuk tanda cinta dan kasih sayang kepada pasangan. Apa saja itu?

1. Boldt Castle, Amerika Serikat

Foto Boldt Castle/Shutterstock

Bold Castle merupakan sebuah kastil yang dibangun di bagian utara New York tepatnya di Alexandria Bay, Pulau Baiti, Amerika Serikat. Bangunan ini dibuat oleh seorang pengusaha bernama George C. Boldt pada tahun 1401.

Bangunan kastil ini juga merupakan bentuk cinta kasih yang tulus dari George kepada istrinya, Louise. Pada awalnya, Boldt Castle ini direncanakan akan terdiri dari 11 bangunan sebagai rumah musim panas keluarga Boldt.

Namun sayang, di tengah pembangunannya Louise tutup usia dan pada akhirnya George memutuskan untuk menghentikan pembangunan Boldt Castle. Sampai saat ini, Boldt Castle menjadi monument cinta sejati George C. Boldt dan sang istri, Louise.

2. Coral Castle, Amerika Serikat

Foto Coral Castle/Shutterstock

Coral Castle yang ada di Amerika ini juga menjadi salah satu bangunan yang dibuat atas dasar ungkapan seorang pria untuk mantannya. Bangunan ini dibuat oleh Edward pada tahun 1921 dengan mengumpulkan batuan karang kurang lebih 1000 ton.

Bangunan ini dikerjakan sendiri oleh Edward selama kurang lebih 20 tahun dan akan dihadiahkan untuk kekasihnya Agnes Scuffs. Namun, naas kisah cinta mereka harus kandas sebelum Coral Castle jadi dan Agnes belum sempat melihat keindahannya.

3. Candi Prambanan, Indonesia

Foto Candi Prambanan/Shutterstock

Tak hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki cerita tentang cinta sejati yang digambarkan dalam bentuk bangunan. Candi Prambanan salah satunya. Candi yang terletak di komplek Candi Borobudur ini merupakan bentuk kekuatan cinta tak terbalas Bandung Bandawasa kepada Putri Roro Jonggrang.

Cerita ini datang pada saat Bangdung Bandawasa jatuh cinta pada Puti Roro Jonggrang dan berniat untuk mempersuntingnya. Akan tetapi Roro Jonggrang yang tidak tertarik memberikan syarat yang tidak masuk akal kepada Bandung Bandawasa.

Roro Jonggrang meminta Bandung Bandawasa untuk membangun 1000 candi dalam waktu satu malam. Bandung Bandawasa pun berusaha mengabulkan permintaan itu.

Pada saat Bandung Bandawasa akan menyelesaikan candi terakhir, Roro Jonggrang pun mencari akal untuk menggalkan usaha Bandung Bandawasa.

Pada akhirnya, Bandung Bandawasa mengetahui niat dari Roro Jonggrang itu dan mengutuk sang putri menjadi arca sebagai pelengkap candi yang keseribu.

4. Taj Mahal, India

Foto Taj Mahal/Shutterstock

Siapa yang tidak tahu Taj Mahal, sudah pasti banyak yang tahu ya. Bangunan ikonik kebanggaan warga India ini juga lahir karena bukti cinta dari Mughal Shah untuk istrinya Mumtaz Mahal. Pada tahun 1631, Mughal Shah meminta kepada seorang arsitek untuk membangun sebuah bangunan megah sebagai penghormatan untuk istrinya.

Sekitar 20 ribu pekerja akhirnya didatangkan untuk mengerjakan proyek tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan Taj Mahal ini adalah sekitar 22 tahun.

Meski waktu yang dibutuhkan untuk membangunnya cukup lama, namun hasilnya sangat indah dan cantik. Taj Mahal terbuat dari batu marmer berwarna putih dengan hiasan bangunan batu mulia berlian, jade, dan kristal.

Bahkan, Taj Mahal kini masuk ke dalam keajaiban dunia loh.

5. Kuil Kodai-Ji, Jepang

Foto Kuil Kodai-Ji/Shutterstock

Kuil Kodai-Ji adalah sebuah bangunan yang terletak di kaki Gunung Higashiyama Ryozen, Kyoto, Jepang. Bangunan yang menjadi bukti cinta dua sejoli ini dibangun oleh seorang perempuan bernama Kitano Mandokoro pada tahun 1606.

Bangunan ini didirikan untuk mengenang suami Mandokoro yang merupakan seorang samurai di masa perang. Sang suami Hideyoshi tutup usia pada tahun 1598 dan karena rasa sedih yang mendalam, Kitano akhirnya membuat Kuil Kodai-Ji untuk mengobati rasa sedihnya itu.

Kini, Kuil Kodai-Ji di Kyoto, Jepang, menjadi tempat pemakaman kedua sejoli yang memiliki kekuatan cinta sejati itu.

6. Candi Prasat Hin Phimai, Thailand

Foto Candi Prasat Hin Phimai/Shutterstock

Cinta tak memandang status sosial, cinta itu buta. Itu lah kata yang bisa menggambarkan candi di Thailand, Prasat Hin Phimai. Kisah ini bermula saat seorang pangeran Pajitt jatuh cinta kepada wanita biasa yang tengah hamil dan berstatus janda. Restu orangtua pun menghalanginya.

Sampai suatu saat Prajitt mengikrarkan diri kalau anak yang dilahirkan oleh perempuan itu adalah bayi perempuan, maka Prajitt akan menikahinya ketika ia beranjak dewasa. Benar saja, bayi perempuan lahir dari kandungan wanita yang dicintai Prajitt dan diberi nama Oripima.

Beranjak dewasa, Oripima pun akhirnya mencintai Prajitt, keduanya pun berencana untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Lagi dan lagi, cinta keduanya harus terhalang restu orangtua.

Akhirnya Oripima dan Prajitt melarikan diri ke hutan. Namun, nasib naas menimpa Prajitt karena dibunuh oleh seseorang yang jatuh cinta kepada Oripima. Perasaan sedih dan patah hati membuat Oripima membangun sebuah candi yang dipahat sedemikian rupa dan menjadi kenangan di antara Prajitt dan Oripima.

7. Kellie’s Castle, Malaysia

Foto Kellie’s Castle/Shutterstock

Bangunan Kellie’s Castle yang ada di Malaysia ini berawal dari kisah soerang pria asal Skotlandia bernama William Kennie Smith. Kellie’s Castle dibangun setelah dirinya menikahi istrinya Agnes pada tahun 1900-an.

Saat itu, sang istri Agnes sedang hamil dan mengeluhkan tempat tinggal mereka yang hanya berupa rumah kayu. Tak tega melihat hal itu membuat Kellie membangun sebuah rumah yang akan dijadikan hunian untuk ia, istri, dan anak-anaknya kelak.

Baca Juga: “Ritual Tiwah, Tak Hanya Sekadar Upacara Kematian Adat Suku Dayak

Namun, di tahun 1926 Agnes harus tutup usia dan hal ini membuat Kellie sangat terpukul. Pembangunan Kellie’s Castle pun akhirnya tak dilanjutkan. Hal ini membuat Pemerintah Malaysia mengambil alih Kellie’s Castle dan melakukan perubahan di beberapa titik.

Itu lah beberapa bangunan yang menjadi bukti cinta sejati dua sejoli yang sedang jatuh cinta. Kalau kamu, pilih bangunan yang mana nih Gengs?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *