Tari Saman Jadi Pemenang di Global Gathering 2022 Korea Selatan

Tari saman yang dibawakan oleh mahasiswa dari Kyungsung University ini menjadi juara pertama.

565
0
Saman Korea

Salah satu seni tari tradisional asal Provinsi Aceh, tari saman, berhasil menjadi juara di ajang Internasional Global Gathering 2022 yang diadakan di Kota Busan, Korea Selatan. Tari saman yang dibawakan oleh mahasiswa dari perguruan tinggi Kyungsung University ini menjadi juara pertama dan diabadikan oleh akun sosial media Tiktok @p.jinjuu16.

Dalam video yang berdurasi kurang lebih enam menit itu, pengumuman pemenang ini dilakukan oleh pemimpin acara dengan Bahasa Korea yang kemudian dijelaskan oleh pemilik akun menjadi Bahasa Indonesia. Dalam unggahan tersebut, pemilik akun tersebut menuliskan caption dengan bahagia.

“Suatu kebanggaan bisa mewakili Indonesia bersaing dengan banyak negara lainnya di acara GLOBAL GATHERING BUSAN. Dan bisa pulang menjadi JUARA 1. So proud to be INDONESIAN. Btw aku yang paling kiri baju ungu,” kata akun @p.jinjuu16.

Video yang sudah memiliki 1,1 juta likes dan 12 ribu komentar ini pun lantas dibanjiri pujian dari warganet yang melihatnya. Salah satu warganet mengatakan bahwa lagi-lagi daerah Aceh mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

@p.jinjuu16

Suatu kebanggaan bisa mewakili indonesia bersaing dengan banyak negara lainnya di acara GLOBAL GATHERING BUSAN. Dan bisa pulang menjadi JUARA 1 🥹🤍 so proud to be INDONESIAN🤍🤍 btw aku yang paling kiri baju ungu😙😙

♬ original sound – MutiaraAdiguna 박진주 🥀🦋 – Mutiara Adiguna 박진주 🦋

“Lagi-lagi Aceh mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional,” kata akun I’M RIMBA.

Ada pula salah seorang warganet yang berasal dari Aceh mengatakan, sebagai warga Aceh ia sangat bangga dengan prestasi tersebut.

“Aku sebagai prang Aceh bangga bgtt! Aku dulu nari saman sampe sakit jari-jari kaki sama telapak tangan dan paha merah! Liat ini jd pengen lagi belajar ini,” kata akun louisamarvelous.

Ilustrasi Tari Ratoh Jaroe / Sumber foto: Shutterstock

Sebagai informasi tambahan, Global Gathering adalah acara internasional yang diselenggarakan oleh Busan Metropolitan City dan Busan Foundation for International Cooperation (BFIC). Pada acara yang mengangkat tema The New Transformation for Global Busan ini pengunjung dapat bertemu orang lokal asal Korea juga orang lokal dari negara lain.

Pertunjukkan ini juga tidak hanya menampilkan peserta tari-tarian, namun juga berbagai makanan tradisional, pakaian tradisional, serta pertunjukkan lainnya.

Wah, prestasi dari tari saman asal Aceh ini sangat membanggakan ya, Oppal Gengs. Makin bangga deh, jadi warga negara Indonesia!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *