Tekad DANA Bantu Misi Negara Perluas Infrastruktur Akses Layanan Keuangan

Pertumbuhan DANA ini bersifat organik dengan perluasan nggak cuma di top tier city saja, tetapi juga meluas ke berbagai daerah.

215
0
DANA

Layanan dompet digital, DANA, mencatat pertumbuhan pesat dalam hal pengguna yang terdaftar dan juga transaksi. Penetrasi pembayaran digital dan layanan keuangan DANA bahkan telah mencapai lebih dari 135 juta pengguna.

Jumlah tersebut menunjukkan pertumbuhan yang pesat dari jumlah pengguna pada tahun 2021 sebanyak 93 juta pengguna. Hal ini membuat DANA akan terus berupaya untuk menjadi perusahaan teknologi finansial terdepan yang menyediakan solusi keuangan modern dengan perlindungan maksimal, kenyamanan, dan pengalaman pengguna terbaik untuk kebutuhan keuangan sesuai gaya hidup konsumen sehari-hari.

Menariknya, pertumbuhan DANA ini bersifat organik dengan perluasan nggak cuma di top tier city saja, tetapi juga meluas ke berbagai daerah. Di tahun 2022, DANA sudah hadir di lebih dari 50% kota di luar top 20 cities Indonesia dengan penetrasi yang sangat pesat di daerah rural.

“Kami berterimakasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan para pengguna dan mitra DANA selama ini, salah satunya terlihat pada rata-rata transaksi harian pada Desember 2022 terdapat pertumbuhan hingga 2.5 kali lipat atau naik 150 persen dibanding Desember 2021,” ucap Chief Executive Officer DANA Indonesia, Bapak Vince Iswara.

DANA
CEO DANA Vince Iswara dalam Dialog DANA, Rabu (25/1)

“Pencapaian ini merupakan momentum bagi DANA sebagai solusi keuangan modern untuk terus menyebarkan nilai, inovasi, serta produk dan layanan DANA yang maksimal kepada seluruh pemangku kepentingan. Melalui inisiatif program, teknologi serta kolaborasi dengan regulator Bank Indonesia, DANA berkomitmen untuk terus memberikan perlindungan, kenyamanan, dan pengalaman terbaik bagi kebutuhan keuangan dan gaya hidup sehari-hari para pengguna,” tambahnya.

Bapak Vince juga mengungkapkan harapan untuk bisa terus memberikan solusi keuangan modern yang paling sesuai meliputi demografi, usia dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat dan segmen bisnis Indonesia.

“Tahun ini dan seterusnya, DANA terus mengakselerasi kekuatan kami dalam mengintegrasikan teknologi dan layanan keuangan dalam membangun ekonomi digital Indonesia. kami akan terus menjalin kerja sama erat dengan mitra bisnis dan regulator dalam mewujudkan hal ini.”

Lewat kolaborasi dengan Bank Indonesia, DANA bisa membantu misi negara dalam memperluas penyediaan infrastruktur akses layanan keuangan melalui QRIS Cross Border DANA yang sudah tersedia di Thailand.

Prinsip terpercaya, nyaman dan mudah diakses terus diimplementasikan dalam pengembangan produk dan fitur aplikasi DANA di periode tahun 2022. Untuk fitur dompet digital, DANA mengamankan seluruh aset pembayaran pengguna dalam satu tempat. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mencari mode pembayaran dengan mudah, diproteksi dengan keamanan kelas dunia dan bisa disesuaikan dengan limit pembayaran yang dikehendaki.

By the way,berdasarkan survey YouGov ‘Bank and Payment System Considerations Ranking’ yang dipublikasikan pada Desember 2022, DANA berhasil menempati peringkat pertama ‘Top Improver Indonesian and Payment System Brand’.

“Sederhana juga menjadi kunci utama dalam pengalaman pengguna dompet digital DANA. Dalam pengaturan pembayaran tagihan, pengguna akan mendapat pengingat secara berkala, memonitor tagihan, dan bayar dengan satu klik dalam langgahan layanan digital mereka,” ujar Chief of Product DANA Indonesia, Rangga Wiseno.

DANA
Chief of Product DANA Indonesia, Rangga Wiseno saat mempresentasikan product roadmap

“Selain itu, mitra merchant DANA juga mengembangkan Merchant Wallet, sebuah dashboard layanan mandiri yang membantu mengoptimalkan bisnis mereka. Merchant diberdayakan untuk bisa melakukan pembayaran, promo untuk bisnis dan manajemen cash flow dalam satu platform, sehingga bisnis mereka terus berkembang pesat. Persentase pertumbuhan online merchant DANA pada tahun 2021 ke 2022 adalah senilai 57%,” ucap Rangga.

Bukan cuma itu saja, dalam implementasi kemitraannya, DANA sebagai dompet digital yang menerapkan ekosistem terbuka dalam sistem operasinya juga berkolaborasi dengan perusahaan teknologi finansial yang menyediakan infrastruktur pembayaran untuk Indonesia, Xendit.

DANA menjadi salah satu jenis pembayaran transaksi dalam ekosistem Xendit Group.

“Pembayaran melalui Uang Elektronik adalah jenis pembayaran yang paling cepat tumbuh di Asia Tenggara (15% dari seluruh pembayaran digital) dan diprediksi akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan. Transaksi uang elektronik di Xendit sendiri meningkat, khususnya DANA tumbuh 6 kali lipat dalam setahun dengan volume lebih dari Rp 4 triliun,” ungkap Managing Director Xendit, Mikiko Steven.

DANA
Managing Director Xendit, Mikiko Steven saat memaparkan mitra bisnis dengan DANA

Lewat kerja sama ini, Xendit berharap semakin banyak masyarakat, khususnya pelaku bisnis yang memanfaatkan peluang pertumbuhan digital agar perekonomian juga meningkat. Sebagai perusahaan teknologi finansial kami berupaya mendukung pemerintah untuk mewujudkan literasi keuangan digital masyarakat.

Anyway, kamu pakai DANA juga kah, gengs? Kalau iya, biasanya transaksi apa yang sering kamu lakukan lewat aplikasi DANA?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *