Today in History: Bandara Kemayoran Berhenti Beroperasi

Hari ini juga menjadi peringatan dibukanya Menara Eiffel untuk pertama kalinya.

163
Today in History

Berbagai peristiwa menarik seputar sejarah terjadi pada hari ini tanggal 31 Maret, salah satunya adalah Bandara Kemayoran, bandara internasional pertama di Indonesia, yang berhenti beroperasi di tanggal ini pada tahun 1985.

Bandara legendaris ini juga menjadi bandara internasional pertama yang disinggahi oleh pesawat luar negeri sebelum adanya Bandara Soekarno-Hatta dan I Gusti Ngurah Rai di Bali.

Foto Bandara Kemayoran/website PPK Kemayoran

Selain itu, hari ini juga merupakan hari di mana Menara Eiffel yang ada di Prancis dibuka pertama kali untuk publik. Menara Eiffel menjadi salah satu ikon yang paling fenomenal di dunia, bukan hanya di Prancis saja.

Lalu, ada peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Mari kita cek “Today in History” edisi 31 Maret.

Bandara Kemayoran Terakhir Kali Beroperasi

Foto Bandara Kemayoran/website PPK Kemayoran

Kamu tahu JiExpo Kemayoran? Yang biasa dijadikan tempat pameran, Pekan Raya Jakarta, sampai dengan konser musik itu lho! Siapa sangka dulunya kawasan JiExpo adalah bandara internasional pertama yang ada di Indonesia.

Bandara yang dikenal dengan nama Bandara Kemayoran ini merupakan tempat singgah pesawat luar negeri sebelum adanya Bandara Soekarno Hatta dan I Gusti Ngurah Rai di Bali.

Berbagai kepala negara juga sudah pernah menginjakkan kakinya di Bandara Kemayoran untuk menghadiri berbagai event internasional seperti Konferensi Asia Afrika di era Bapak Soekarno.

Pada 31 Maret 1985, Bandara Kemayoran akhirnya tidak beroperasi lagi karena letaknya yang berada di pusat kota dan disebut mengganggu perkembangan kota Jakarta Utara pada saat itu.

Pesawat DC-3 Dakota merupakan pesawat terakhir yang meninggalkan Bandara Kemayoran sebelum ditutup. Usia bandara ini ditutup, penerbangan kemudian dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Menara Eiffel Diresmikan

Foto Menara Eifel/Unsplash

Pada tanggal 31 Maret setiap tahunnya dirayakan sebagai hari untuk memperingati ulang tahun Menara Eiffel. Menara ini menjadi salah satu ikon dunia yang terletak di Ibu Kota Paris, Prancis. Saking terkenalnya, Hari Menara Eiffel yang dibuat untuk memperingati berdirinya menara tersebut dirayakan di belahan negara lain.

Menara Eiffel diresmikan dan dibuka untuk umum tepat pada tanggal 31 Maret 1889. Menara dengan tinggi kurang lebih 320 meter ini menjadi salah satu tempat ikonik di Prancis dan terkenal di seluruh dunia.

Banyak turis yang berdatangan ke Paris hanya untuk datang ke Menara Eiffel ini. Kalau kamu, sudah pernah ke sini belum, gengs?

Film Matrix Diluncurkan di Tahun 1999

Poster film The Matrix 1999/imdb.com

Anak 90-an dan 2000 awal pasti tahu dengan film The Matrix, sebuah film fiksi ilmiah yang cukup mencengangkan. Film ini dirilis pertama kali pada 31 Maret 1999 di Amerika.

The Matrix juga dinilai sebagai salah satu film yang penuh gaya, inovatif, dan sangat ciamik secara visual. Film ini juga menceritakan bahwa manusia adalah penghuni dunia yang tidak tahu diri yang dikendalikan oleh sebuah mesin.

Baca juga: “Today in History: Selamat Hari Dokter Sedunia

Film ini dibintangi oleh Keanu Reaves sebagai seorang peretas komputer yang mengetahui bahwa komputer mirip dengan manusia yang telah menciptakannya.

Siapa di sini yang sudah nonton The Matrix Ressurection, sekuel terbaru dari The Matrix?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.