Today in History: Bendera Baru Myanmar Diperkenalkan, Hingga Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia

Mulai dari perkenalan bendera baru Myanmar sampai dengan perayaan Celebratian of the Mind Day yang mengajak orang untuk menggemari sains dan matematika.

174
0
Today in History

Beragam peristiwa sejarah terjadi pada tanggal 21 Oktober setiap tahunnya. Mulai dari perkenalan bendera baru negara Myanmar sampai dengan perayaan hari pencegahan kekurangan yodium sedunia. Hari ini diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran publik akan fungsi penting yodium bagi kesehatan manusia.

Lalu, peristiwa apa lagi yang terjadi pada tanggal 20 Oktober setiap tahunnya? “Today in History” akan membahasnya.

Negara Myanmar Resmi Berganti Bendera

Pemerintah Myanmar resmi memperkenalkan bendera baru mereka pada tanggal 21 Oktober 2022. Bendera lama yang berwarna merah dan biru dengan gambar gerigi roda dikelilingi 14 bintang dan setangkai padi di tengahnya digantikan dengan bendera baru berwarna kuning, hijau, dan merah dengan bintang besar berwarna putih di tengahnya.

Bendera lama yang sudah digunakan sejak 1974 ini, resmi diganti sesuai dengan konstitusi tahun 2008 yang menginginkan simbol baru untuk Myanmar.

Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia

Tanggal 21 Oktober setiap tahunnya merupakan peringatan Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia. Peringatan hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik akan fungsi penting yodium bagi kesehatan manusia.

Yodium merupakan mikronutrien yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Hal ini tentu sangat baik dikonsumsi dalam takaran yang sesuai.

Adanya hari ini diharapkan bisa menyebarkan informasi mengenai pentingnya yodium dalam mencegah komplikasi yang berhubungan dengan kekurangan yodium. Yuk gengs, jaga konsumsi yodium di dalam tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Celebration of the Mind Day

Celebration of the Mind Day atau perayaan pikiran diperingati tanggal 21 Oktober setiap tahunnya. Tanggal ini juga sejalan dengan kelahiran matematikawan terkenal, Martin Gardner. Hari ini dikembangkan oleh Gathering 4 Gardner Foundation dengan tujuan menyatukan orang-orang selama satu hari untuk menjelajahi teka-teki.

Baca Juga: “Today in History: HUT Kabupaten Bojonegoro, Sampai Kelahiran Anthony Sinisuka Ginting

Secara umum, hari ini bisa didefinisikan untuk memperkenalkan matematika sebagai sesuatu yang menyenangkan. Martin Gardner adalah seorang “matemagician”, istilah untuk menyebut seorang matematikawan yang juga berprofesi sebagai pesulap.

Adanya hari ini juga diharapkan semakin banyak orang yang menggemari matematika dan sains sebagai hal yang menyenangkan dan menarik. Siapa di sini yang suka pelajaran matematika?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *