Today in History: Berdirinya Republik Makedonia Hingga Tragedi Jumat Hitam di Iran

Today in History: Hari ulang tahun Wiz Khalifa, serial Star Trek tayang untuk pertama kali, hingga hari terbongkarnya skandal Watergate.

203
0
Today in History: Wiz Khalifa

Tanggal 9 September merupakan salah satu tanggal bersejarah bagi masyarakat Republik Makedonia. Pasalnya, negara ini berdiri tepat pada tanggal 8 September 1991. Lalu, apalagi peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 8 September? Selengkapnya dalam “Today in History”.

  • Republik Macedonia Berdiri
Today in History

Republik Makedonia adalah sebuah negara yang berada di bagian tenggara Eropa, tepatnya di Semenanjung Balkan. Negara yang satu ini berbatasan dengan Kosovo, Serbia, Yunani, Bulgaria, dan Albania. Makedonia adalah negara pecahan Yugoslavia dan berhasil merdeka pada tanggal 8 September 1991. Pada saat perang berkecamuk di Yugoslavia, Makedonia menjadi tempat bagi ratusan ribu pengungsi etnis Kosovo dan Albania.

  • Terbongkarnya Skandal Watergate

Skandal Watergate adalah skandal politik terbesar di Amerika Serikat di era 1970an. Skandal ini bahkan memaksa Richard Nixon lengser dari jabatannya sebagai seorang presiden. Watergate sendiri sesungguhnya merupakan nama sebuah komplek properti yang terdiri dari perkantoran dan hotel tempat skandal tersebut terjadi.

Peristiwa bersejarah ini terjadi dengan diawali oleh ditangkapnya lima orang pencuri yang membobol masuk kantor komite nasional democrat. Setelah ditelusuri, ternyata komplotan ini adalah anggota dari tim kampanye Nixon yang memasang penyadap untuk memperoleh informasi tentang lawan politik mereka. Hal ini dilakukan demi memuluskan langkah Nixon.

  • Tragedi Jumat Hitam

Tragedi Jumat Hitam merupakan sebuah kejadian bersejarah di Iran yang menewaskan 3.000 orang demonstran di Teheran pada akhir kekuasaan monarki Iran. Tragedi tersebut meledak setelah sekelompok para demonstran tidak menyadari bahwa sehari sebelumnya pemerintah Iran telah menetapkan kondisi darurat militer di zaman kepemimpinan Shah Iran.

  • Ulang Tahun Wiz Khalifa

Semua orang di seluruh dunia pasti mengetahui Wiz Khalifa. Rapper terkenal asal Amerika Serikat ini memulai debutnya tahun 2006 dengan merilis album bertajuk Show and Prove. Ada hal unik dari musisi yang satu ini, Walikota Pittsburgh menetapkan 12 Desember sebagai hari Wiz Khalifa di kotanya. Hal tersebut karena sang rapper sempat bersekolah di sana kala SMA.

  • Serial Legendaris Star Trek Tayang Untuk Pertama Kali

Star Trek merupakan salah satu serial fiksi ilmiah yang mengangkat tema luar angkasa. Serial ini tercipta berkat ide brilian dari Gene Roddenberry. Serial ini mengangkat nama sang sutradara melambung tinggi pada tahun 2009. Namun, ada fakta unik di belakangnya. Sesungguhnya serial ini telah lama mengudara sejak tahun 1966.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *