Today in History: Hari Diabetes Sedunia, Sampai Kelahiran Raja Charles

Beragam peristiwa bersejarah sampai kelahiran beberapa tokoh dunia terjadi pada 14 November.

143
0
Today in History

Beragam peristiwa bersejarah sampai kelahiran beberapa tokoh dunia terjadi pada tanggal 14 November. Salah satunya adalah Hari Diabetes Sedunia yang dibuat olej Yayasan Diabetes Internasional (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lantas, ada peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Brigade Mobil (Brimob)

Foto pasukan brimob: Shutterstock

Tepat pada hari di tahun 1943-1944, Korps Brimob Polri resmi dibentuk. Pada awalnya, satuan ini dibentuk untuk menjadi tenaga cadangan yang dapat digerakkan dengan cepat dan memiliki mobilitas tinggi serta persenjataan yang lebih lengkap dari polisi biasa.

Seiring berjalannya waktu, satuan ini menjadi pioneer saat perebutan senjata untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 14 November 1946, seluruh kesatuan polisi istimewa, barisan polisi istimewa dan pasukan polisi istimewa dilebur menjadi mobile brigade (Mobrig).

Namun, nama satuan polisi ini kembali berubah pada 14 November 1961 dan diresmikan langsung oleh presiden kala itu Ir. Soekarno.

Hari Diabetes Sedunia

Ilustrasi: Shutterstock

Hari Diabetes Sedunia selalu diperingati pada tanggal 14 November. Hari ini dibuat pada 1991 silam oleh Yayasan Diabetes Internasional (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Tujuan dibuatnya hari ini adalah untuk menyebarkan kesadaran tentang diabetes ke seluruh dunia dan bagaimana cara mencegahnya.

Diabetes merupakan penyakit kronis di mana pankreas tidak berhasil menghasilkan insulin sesuai kebutuhan tubuh. Jika tidak bisa dikontrol dengan baik, diabetes dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius. Penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang berisiko mengancam nyawa penderitanya.

Hari Diabetes sedunia juga diharapkan bisa menjadi pengingat untuk menjalani hidup sehat dan mewaspadai penyakit ini dengan cara mengetahui gejalanya, melakukan tes, dan berobat sedini mungkin.

Hari Ulang Tahun Raja Charles III

Foto Raja Charles III: Shutterstock

Charles Philip Arthur George atau Raja Charles III merupakan anak tertua dari Ratu Elizabeth II yang kini memimpin Kerajaan Inggris. Raja Charles III lahir di Istana Buckingham, Inggris, pada 14 November 1948.

Ini merupakan ulang tahun perdana Charles sebagai pemimpin Kerajaan Inggris. Selamat ulang tahun Raja Charles III. Best wishes for you.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *