Today in History: Hari Kelahiran Panglima Besar Jenderal Soedirman

Banyak hari penting terjadi di tanggal 24 Januari. Selengkapnya di Today in History.

244
0
Today in History

Usai libur panjang Hari Raya Imlek 2023, kita kembali lagi kepada aktivitas sehari-hari dan “Today in History” kembali menyapa Oppal Gengs dengan rangkaian peristiwa sejarah yang terjadi pada hari ini.

Tanggal 24 Januari setiap tahunnya selalu diperingati sebagai salah satu hari bersejarah untuk masyarakat Indonesia, karena begitu banyak peristiwa yang terjadi dan patut untuk dilestarikan. Salah satunya adalah tepat pada hari ini Jenderal Besar Soedirman lahir di Purbalingga.

Selain itu, ada pula sejarah untuk salah satu hari raya besar di Indonesia, yaitu Imlek. Pasalnya, Hari Raya Imlek pertama kali dibuat menjadi hari libur nasional tepat pada hari ini, 24 Januari 2001.

Lalu, ada peristiwa menarik apa lagi yang terjadi pada tanggal 24 Januari? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Kelahiran Jenderal Soedirman

Foto Jenderal Soedirman / Wikipedia Indonesia

Jenderal Soedirman lahir pada tanggal 24 Januari 1916 di Purbalingga, Jawa Barat. Jenderal Besar Soedirman merupakan salah satu pahlawan kemerdekaan Indonesia dan bertugas memimpin pasukan perang untuk melawan penjajah.

Nama Jenderal Soedirman begitu fenomenal sehingga diberikan penghormatan sebagai nama salah satu jalan protokol di Jakarta dan kota-kota lain di seluruh Indonesia. Jenderal Soedirman awalnya adalah seorang guru biasa. Namun, setelah Jepang menjajah Indonesia, beliau masuk ke militer sampai pada akhirnya dinobatkan sebagai panglima besar.

Imlek Jadi Hari Libur Nasional

Foto perayaan imlek / Shutterstock

24 Januari 2001 nampaknya menjadi hari yang sungguh menyenangkan bagi pemeluk Agama Konghucu di Indonesia. Pasalnya, Hari Raya Imlek pertama kali dirayakan dan menjadi libur nasional pada saat itu.

Penetapan hari libur ini menjadi jawaban pemerintah atas usulan yang diberikan oleh Majelis Tinggi Agama Khong Hu Cu dan Yayasan Lestari Kebudayaan Tionghoa Indonesia. Hanya sementara Imlek dijadikan libur fakultatif. Dan pada tahun 2002, Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur nasional oleh Presiden Megawati Soekarnoputri dan mulai diterapkan pada 2003.

Hari Daur Ulang Ponsel Internasional

Ilustrasi ponsel yang di daur ulang / Shutterstock

Hari Daur Ulang Ponsel Internasional selalu diperingati pada 24 Januari setiap tahunnya. Hari ini resmi diperingati sejak tahun 2015. Gerakan ini sudah menjadi gerakan global dengan tujuan untuk menjaga penggunaan ponsel yang lebih lama dan membuangnya secara baik dan benar.

Adanya hari ini juga diharapkan bisa meningkatkan kesadaran akan dampak negatif dari daur ulang perangkat seluler pada lingkungan, khususnya populasi satwa liar di alam. Yuk kita lebih bijak saat berganti ponsel, gengs.

Album “21” Adele Pecahkan Rekor Dunia

Foto penyanyi Adele / @adele

Tahun 2011, Adele menjadi salah satu artis pendatang baru yang menarik perhatian dengan lagu-lagu gloomy dan liriknya yang menyentuh hati. Ia berhasil menjadi penyanyi solo yang memecahkan beberapa rekor berkat album 21 yang dirilis pada 24 Januari 2011.

Bahkan, album ini membuat posisi Adele sama dengan Ed Sheeran dan Sam Smith pada waktu itu. Well, siapa yang tak mendengarkan lagu “Rolling in The Deep”, “Set Fire To The Rain”, sampai “Someone Like You” yang sering diputar di radio dan dimainkan di tempat umum kala itu?

Bahkan, lagu-lagu Adele ini pernah bertahan di Billboard US 200 Chart selama 7 tahun. Selain itu, album 21 ini juga menjadi album paling laris di Amerika Serikat dan dunia dengan 31 juta copy terjual di seluruh dunia.

Baca Juga: “Today in History: Wahana Roller Coaster Dipatenkan Pertama Kali di Amerika

Berkat album ini juga Adele memenangkan penghargaan Artist of The Year dari Billboard. Lagu “Set Fire To The Rain” juga membuat Adele menjadi perempuan pertama yang mencapai semua tiga kategori sekaligus.

Wowww, sebuah rekor yang fantastis dari Adele. Siapa di sini yang suka dengar lagu Adele juga?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *