Today in History: Hari Kesehatan Mental Sedunia, Hingga Peringatan Hari Tunawisma Sedunia

Pada tanggal ini diperingati salah satu hari yang memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya, termasuk Hari Kesehatan Mental Sedunia.

196
0
Today in History

Hari ini, tanggal 10 Oktober merupakan hari yang cukup bersejarah untuk beberapa peristiwa di dunia. Selain itu, pada tanggal ini juga diperingati salah satu hari yang memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya, termasuk di antaranya adalah Hari Kesehatan Mental Sedunia. Secara garis besar, hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kepekaan akan berbagai aspek kesehatan mental.

Lalu, peristiwa atau sejarah apa lagi yang terjadi setiap tanggal 10 Oktober? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Menentang Hukuman Mati Sedunia

Hari menentang Hukuman Mati Sedunia atau Hari Anti Hukuman Mati Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Hari ini merupakan salah satu bentuk kampanye untuk mendorong dan memperkuat opini publik dunia serta para pembuat keputusan untuk memperjuangkan penghapusan hukuman mati dari sistem peradilan.

Hari ini ditetapkan pada 2002 lalu oleh organisasi-organisasi yang menentang hukuman mati. Hari ini kemudian didukung oleh organisasi dan negara di dunia termasuk Amnesty International, Uni Eropa, dan PBB.

Para lembaga ini berpendapat bahwa hukuman mati melanggar hak asasi manusia, khususnya hak untuk hidup dan hak untuk hidup bebas dari penyiksaan atau perlakuan atau hukuman yang kejam, tidak manusiawi, atau merendahkan martabat.

Hari Tunawisma Sedunia

Tanggal 10 Oktober setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Tunawisma Sedunia. Tujuan dari dibuatnya hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran mengenai masalah tunawisma dan perumahan yang tidak layak.

Tunawisma menjadi salah satu masalah serius di dunia. Adanya hari ini diharapkan dapat mendorong pemerintah untuk mengtasi masalah tersebut.

Hari Kesehatan Mental Sedunia

Hari Kesehatan Mental Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Hari ini dicanangkan oleh Federasi Kesehatan Mental Dunia (WFMH) pada tahun 1992. Tujuan dibuatnya hari ini adalah untuk mengadvokasi dan mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan mental secara keseluruhan.  

Hari Kesehatan Mental Sedunia ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kepekaan akan berbagai aspek kesehatan mental.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *