Today in History: Hari Lahir Musisi Chrisye Sampai Hari Ozon Sedunia

Today in History: Mulai dari hari kelahiran almarhum Chrisye, Hari Ozon Sedunia, hari kelahiran Candra Wijaya, dan lainnya.

242
0
Today in History

Berbagai peristiwa sejarah terjadi pada tanggal 16 September. Mulai dari kelahiran tokoh sampai dengan HUT kemerdekaan beberapa negara. Lantas, apalagi yang terjadi tepat pada hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

  • Hari Lahir Musisi Legendaris Indonesia, Chrisye

Chrismansyah Rahardi atau yang biasa dikenal dengan nama Chrisye lahir di Jakarta, 16 September 1949. Beliau mulai aktif berkarier di dunia musik di tahun 1968 saat bergabung sebagai basis dalam formasi Sabda Nada. Namun, pada tahun 1968-1969 beliau tergabung bersama Gipsy Band dan menjadi vokalis sekaligus basis yang mampu menjadi band penghibur di sebuah restoran di New York, Amerika Serikat.

Pada tahun 1977, barulah beliau memulai karir solonya dan namanya mulai meroket sebagai sakah satu vokalis andal saat mengembangkan lagu karya James F. Sundah yang berjudul lilin-lilin kecil.

  • Hari Kelahiran Legenda Bulutangkis Indonesia Candra Wijaya

Candra Wijaya adalah seorang legenda bulu tangkis profesional Indonesia. Beliau bermain untuk ganda putra maupun ganda campuran. Beliau lahir pada tanggal 16 September 1975. Pemain bulu tangkis ini besar di klub Jaya Raya Jakarta. Ayahnya merupakan seorang legenda bulu tangkis Indonesia Hendra Wijaya. Chandra besar di keluarga atlet bulu tangkis dan menjadi salah satu pemain bulu tangkis andalan Indonesia.

  • Hari Ozon Sedunia

Hari Ozon Sedunia dikenal juga sebagai Hari Internasional untuk Pelestarian Lapisan Ozon. Hari ini diperingati setiap tahun pada tanggal 16 September. Hari Ozon Sedunia ini ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 1994 sebagai peringatan Protokol Montreal tentang zat yang merusak Lapisan Ozon pada 1987.

Penetapan dari hari ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian publik dalam mencegah semakin menipisnya lapisan ozon.

  • Hari Pembentukan Federasi Malaysia

Hari Malaysia jatuh pada tanggal 16 September. Hari ini telah menjadi hari libur umum resmi di negara tersebut sejak 2010 silam. Hari Malaysia diperingati untuk memperingati pembentukan Federasi Malaysia yang berlangsung pada 16 September 1963. Negara bagian Sabah dan Sarawak di Malaysia Timur dan bekas Koloni Inggris di Singapura bergabung dengan Federasi Malaysia untuk membentuk Malaysia.

Awalnya, Hari Malaysia bukanlah hari libur umum. Hingga kemudian mantan Perdana Menteri Najib Razak mengumumkan Hari Malaysia sebagai hari libur umum pada 2010.

  • Kajeng Kliwon Uwudan

Kajeng Kliwon Uwudan adalah hari suci umat Hindu yang terjadi setelah bulan purnama. Hari ini dimaknai sebagai hari untuk melakukan ritual agama dengan tujuan untuk mencapai keseimbangan dan keselarasan antara bhuana agung (alam semesta) dan bhuana alit (alam manusia). Biasanya, pada hari ini umat Hindu akan mempersembahkan wangi-wangian dan tambahan segehan lima warna tanding.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *