Today in History: Hari Pagerwesi Hingga Kemerdekaan Austria

Mulai dari peringatan hari suci Pagerwesi, hingga Hari Kanker Sedunia, simak: Today in history.

268
0

Berbagai peristiwa bersejarah terjadi pada tanggal 26 Oktober setiap tahunnya. Mulai dari peringatan hari besar agama sampai peringatan kemerdekaan sebuah negara. Salah satunya adalah peringatan hari suci Pagerwesi. Selain itu, ada juga peringatan hari kemerdekaan Negara Austria yang selalu dirayakan setiap tanggal 26 Oktober.

Lalu, peristiwa apalagi yang terjadi pada hari ini setiap tahunnya? Kami bahas selengkapnya dalam “Today in History”.

Perayaan Hari Suci Umat Hindu

Bali perempua
Perempuan Bali sedang berdoa/Shutterstock

Pagerwesi merupakan salah satu hari suci umat Hindu yang jatuh setiap empat hari setelah Hari Saraswati. Hari ini jatuh pada Rabu kliwon wuku Sinta, tepatnya tanggal 26 Oktober tahun ini. Hari ini dirayakan sebagai bentuk memuliakan Ida Hyang Widhi Wasa dengan manifestasinya sebagai Hyang Pramesti Guru demi keselamatan alam beserta isinya.

Pagerwesi dapat dikatakan sebagai hari yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diturunkan melalui para guru. Pada hari ini, seluruh umat Hindu akan menghaturkan widhi widhana di Sanggah Kemulan dan dianjurkan untuk menenangkan pikiran dengan melakukan yoga samadhi.

Hari Kanker Payudara Sedunia

Ilustrasi Hari Kanker Payudara Sedunia/Shutterstock

Tanggal 26 Oktober setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Kanker Payudara Sedunia. Peringatan tahun ini bertujuan untuk mengedukasi dan menyebarkan kewaspadaan kepada masyarakat mengenai bahaya, penyebab, gejala, tindakan pencegahan, hingga pengobatan jika terkena kanker payudara.

Kanker payudara menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia. Kanker ini juga menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker. Tingginya angka kanker payudara di Indonesia menjadi prioritas penanganan oleh pemerintah.

Untuk mencegah dan mengetahui kanker payudara sedini mungkin, pemerintah mengampanyekan pentingnya pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI secara rutin.

Hari Kemerdekaan Austria

Ilustrasi hari kemerdekaan Austria/Shutterstock

Austria adalah sebuah negara yang berbatasan dengan Jerman dan Ceko di utara, Slowakia, dan Hongaria di timur, Slovenia dan Italia di selatan dan Swiss dan Liechtenstein di barat.

Ibukota dari negara ini adalah Vienna. Austria sangat terkenal dengan musik klasiknya. Negara ini merdeka pada 26 Oktober 1955 setelah melewati perjalanan yang panjang. Austria juga merupakan negara yang sudah masuk ke dalam anggota PBB di tahun 1955 dan Uni Eropa di tahun yang sama.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *