Today in History: Hari Perempuan dan Hari Matematika Sedunia

Selain itu ada juga hari tanpa merokok dan CD pertama kali diperkenalkan ke publik.

164
0
Ilustrasi perempuan dan matematika

Pada tanggal 8 Maret, beberapa peristiwa penting di dunia diperingati setiap tahunnya. Bukan tanpa alasan, peristiwa sejarah yang ada pada hari ini sangat berpengaruh kepada kehidupan manusia sampai sekarang.

Salah satunya adalah peringatan Hari Perempuan Internasional. Hari ini ditetapkan untuk menghargai para perempuan di seluruh dunia atas pencapaiannya di berbagai macam bidang.

Selain itu, pada hari ini juga ada peringatan Hari Matematika Sedunia. Hari ini mulai diperingati pada tahun 2007 silam. Berbagai perayaan pun dilakukan untuk memperingati hari ini, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan perlombaan.

Lantas, ada peristiwa menarik apa lagi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Perempuan Internasional

Ilustrasi Hari Perempuan Internasional/Unsplash

International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional selalu dirayakan tepat pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya. Perayaan ini dikhususkan untuk seluruh perempuan yang ada di dunia atas pencapaianya di berbagai macam bidang, seperti sosial, ekonomi, budaya, politik, dan lainnya.

Mulanya, peringatan hari ini terjadi pada tahun 1908 di New York, Amerika Serikat. Pada waktu itu, sekitar 15.000 perempuan melakukan aksi demonstrasi dan menyuarakan hak mereka tentang peningkatan standar upah dan jam kerja.

Selamat Hari Perempuan Internasional untuk seluruh perempuan di dunia, khususnya perempuan Indonesia!

Hari Matematika Sedunia

Tanggal 8 Maret di seluruh dunia juga merayakan apa yang disebut dengan Hari Matematika Sedunia. Hari ini didirikan pada tahun 2007 oleh lembaga pembelajaran digital 3P Learning. Berbagai macam cara dilakukan untuk merayakan Hari Matematika Sedunia ini, salah satunya adalah dengan cara perlombaan.

Perlombaan yang dilakukan ini diharapkan bisa mendorong agar siswa-siswi bisa lebih mencintai Matematika. Tak sampai di situ, anak-anak dan para orang tua juga bisa berpartisipasi dalam Hari Matematika Sedunia.

Hari Tanpa Rokok

Ilustrasi tidak merokok
Ilustrasi tidak merokok/Shutterstock

National No Smoking atau Hari Tanpa Rokok selalu dirayakan pada Rabu kedua di bulan Maret dan pada tahun ini jatuh pada tanggal 8 Maret. Ide awal peringatan hari ini muncul bersamaan dengan peringatan Hari Rabu Abu.

Dengan adanya peringatan Hari Tanpa Rokok ini, diharapkan bisa membantu menciptakan efek positif pada penurunan kebiasaan merokok.

Compact Disc (CD) Diperkenalkan Kepada Publik

Ilustrasi perempuan dan compact disc
Ilustrasi perempuan dan compact disc/Shutterstock

Pada tanggal 8 Maret 1979, CD atau Compact Disc diperkenalkan pertama kali kepada publik oleh pembuatnya Philip dan Sony. Sebelum dikenalkan kepada masyarakat, CD mengalami beberapa kali percobaan dan selalu gagal.

Pada akhirnya, di tahun 1979 CD menemukan format dengan standar yang baku dan mulai dipasarkan secara resmi ke publik pada 1982 di Jepang dan Eropa. CD juga pernah menemani masa-masa kecil kita kaum Millenial dan Gen Z.

Kalau sudah diputerin CD sama orang tua terus dipasangin lagu anak-anak, pasti betah banget deh hehehe. Nostalgia banget yaa…

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *