Today in History: Hari Persatuan Artis Film Indonesia

Hari ini juga merupakan hari lahir klub sepak bola Inggris Chelsea!

147
0
Today in History

Berbagai peristiwa menarik seputar sejarah terjadi pada hari ini tanggal 10 Maret setiap tahunnya, salah satunya peringatan bersejarah yang patut dirayakan setiap tahunnya adalah Hari Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI).

Hari PARFI dirayakan berkat kegiatan Sarikat Artis Indonesia (SARI) akibat masuknya Jepang ke Indonesia. Sejak saat itu, PARFI merupakan wadah bagi para artis film Indonesia dalam berkarya untuk bangsa dan negara.

via GIPHY

Selain itu, hari ini juga diperingati sebagai hari lahir salah satu klub sepak bola Inggris, Chelsea. Klub sepak bola Chelsea memiliki segudang prestasi dan sudah mencetak banyak pemain sepak bola kelas internasional.

Lalu, ada peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Mari kita cek “Today in History” edisi 10 Maret.

Hari Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI)

Logo Persatuan Artis Film Indonesia/website PARFI

Tanggal 10 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) yang bertepatan pada hari jadi PARFI yang ke-67.

PARFI berdiri pada tahun 1956 lewat kongres kedua mereka. Dalam kongres itu, banyak tokoh dan seniman yang hadir, di antaranya adalah Usmar Ismail, Suryo Sumanto, dan Djamaludin Malik.

Kantor PARFI sendiri pada waktu itu berada di Gedung SBKA Manggarai, Jakarta, dengan Ketua Umum PARFI pertama adalah Suryo Sumanto.

Hari Ginjal Sedunia

Ilustrasi ginjal/Unsplash

Hari Ginjal Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 10 Maret. Tujuan dari diadakannya hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang berbagai penyakit ginjal yang ada dan bagaimana pengaruhnya kepada kehidupan seseorang yang mengidap penyakit itu.

Dengan adanya hari ini diharapkan semua masyarakat meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan ginjal serta bagaimana orang bisa hidup dengan umur yang panjang dan terbebas dari penyakit.

Yuk gengs, kita jaga ginjal kita dengan adanya peringatan Hari Ginjal Sedunia ini.

Hari Lahir Klub Chelsea

Ilustrasi klub Chelsea

Chelsea adalah klub Eropa yang bermain di Liga Inggris dan didirikan pada 10 Maret 1905. John Robertson seorang pemain Timnas Skotlandia berusia 28 tahun saat itu dipilih merangkap jabatan sebagai pemain dan manajer.

Baca juga: “Today in History: Hari Musik Nasional

Seiring berjalannya waktu, Chelsea menjadi klub yang sangat diidolakan oleh warga lokal atau warlok. Pada akhir 1910, Chelsea menjadi klub pertama di Inggris dengan rata-rata kehadiran penonton lebih dari 40 ribu orang.

Selamat ulang tahun Chelsea!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *