Today in History: Hari Relawan Internasional Hingga HUT Walt Disney

Mulai dari hari kelahiran Walt Disney, hingga ulang tahun Soobin TXT, berikut beberapa hari penting di tanggal 5 Desember 2022.

158
0
Today in History

Berbagai peristiwa sejarah sampai dengan kelahiran tokoh dunia terjadi pada 5 Desember setiap tahunnya. Hal ini harus diapresiasi untuk terus mengingatkan kepada generasi muda betapa pentingnya sejarah untuk keberlangsungan dunia ini.

Sejarah juga tidak boleh ditinggalkan oleh karena kemajuan zaman, oleh karenanya “Today in History” hadir untuk memberikan informasi terkait dengan sejarah tersebut.

Ada apa saja peristiwa sejarah dan siapa saja tokoh penting dunia yang lahir pada hari ini? Selengkapnya kami bahas dalam “Today in History”.

Hari Armada Nasional

Hari Armada Republik Indonesia selalu diperingati setiap tanggal 5 Desember setiap tahunnya. Hari ini diperingati untuk menandai lahirnya Armada RI beberapa tahun lalu. Sejarah dari adanya Hari Armada RI dimulai pada awal periode perang kemerdekaan Indonesia.

TNI Angkatan Laut dinilai sebagai salah satu kekuatan tempur yang selalu hadir dalam usaha menegakkan dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan Republik Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Korps Armada TNI Angkatan Laut Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Sampai pada akhirnya, pada tahun 1985 silam, Armada RI dibagi ke dalam dua komando armada, yakni Komando Armada Wilayah Barat (Koarmabar) dan Komando Armada Wilayah Timur (Koarmatim). Kini, kedua Armada RI tersebut telah berganti nama dan dikenal sebagai Komando Armada I (Koarmada I) dan Komando Armada II (Koarmada II).

Selamat Hari Armada Nasional untuk seluruh pasukan TNI Angkatan Laut, doa seluruh rakyat Indonesia untuk seluruh anggota dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hari Relawan Internasional

Ilustrasi relawan / shutterstock

Relawan merupakan sosok yang memiliki peran penting dalam masyarakat dan lingkungan. Apalagi ketika ada bencana alam, relawan menjadi garda terdepan untuk menolong para korban dan memberikan pelayanan terbaik untuk mereka.

Hari Relawan Internasional ditetapkan setiap tanggal 5 Desember. Hari ini juga dideklarasikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1985 silam. Hari ini juga memiliki tujuan untuk mengajak banyak orang agar terlibat dalam pengabdian masyarakat dan kegiatan sukarela.

Selamat Hari Relawan Internasional, terutama untuk relawan yang saat ini sedang mengabdi di Cianjur, Garut, dan Lumajang. Terima kasih sudah menjadi yang terbaik untuk sesama.

Hari Kelahiran Walt Disney

Foto Mickey dan Minnie Mouse yang dibuat oleh Walt Disney / Shutterstock

Siapa yang tak kenal dengan film kartun Mickey Mouse, Cinderella, Winnie the Pooh, Snow White, dan Pinocchio? OPPAL rasa semua orang tahu akan film ini. Namun, tahukah kamu siapa orang di baliknya? Walt Disney namanya.

Beliau adalah seorang produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara yang sangat terkenal. Walt Disney juga merupakan pelopor film kartun di dunia dan seorang animator yang menciptakan karakter Mickey Mouse.

Walt Disney lahir di Amerika pada tahun 1901 dengan nama lengkap Walter Elias Disney. Dikutip dari berbagai sumber, Walt Disney menghabiskan masa kecilnya dengan menggambar, melukis, dan menjual foto ke tetangga dan teman.

Sejak saat itu, karier Walt Disney sempat mengalami pasang surut hingga ia membuat film kartun terkemuka Mickey Mouse pada 1928. Film tersebut pun cukup banyak menarik minat masyarakat untuk menontonnya dan menjadikan nama Walt Disney semakin bersinar.

Terima kasih Walt Disney sudah membuat film kartun untuk menemani masa kecil dan hari Minggu pagi kami lewat Mickey Mouse.

Hari Ulang Tahun Soobin TXT

Soobin TXT / Sumber foto: Instagram @txt_bighit

Soobin merupakan idola K-pop sekaligus leader dalam boyband TXT (Tomorrow X Together). Pria yang berulang tahun pada 5 Desember ini sering sekali dikatakan mirip dengan Minhyuk BTOB.

Soobin lahir pada 5 Desember 2000 di Kota Ansan, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Pria ini mengawali karirnya dengan mengirimkan video penampilannya kepada salah satu agensi Korea, Big Hit Entertainment.

Setelah diterima oleh agensi tersebut, Soobin memulai debutnya pada 13 Januari 2019 dengan merilis video teaser berjudul Introductory Film “What Do You Do?”. Berkat prestasinya, Soobin akhirnya ditunjuk sebagai leader meski ia bukan anggota tertua dari grup TXT.

Saengil Chukhaheyo, Soobin!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *