Today in History: Hari Santo Nikolas, Cikal Bakal Sinterklas

Selain itu, hari ini, Washington Post, terbit untuk pertama kalinya di tahun 1877.

179
0
Santa claus

Beragam peristiwa menarik terjadi pada tanggal 6 Desember setiap tahunnya. Tidak hanya itu, ada pula kelahiran berbagai macam tokoh yang cukup berpengaruh di dunia baik dari dalam negeri, ataupun luar negeri.

Lebih menariknya adalah tepat pada hari ini tanggal 6 Desember salah satu koran harian paling terkenal di dunia, Washington Post, terbit untuk pertama kalinya di tahun 1877.

Lalu, peristiwa apa lagi yang terjadi pada hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Santo Nikolas

Ilustrasi Hari Santo Nikolas / Shutterstock

Hari Santo Nikolas selalu dirayakan setiap tanggal 6 Desember di setiap tahunnya. Hari Santo Nikolas yang biasa disebut juga Pesta Santo Nikolas adalah salah satu hari libur Katolik yang sangat terkenal di dunia.

Santo Nikolas merupakan tokoh yang paling terkenal dari semua orang kudus Katolik. Beliau dikenal berkat kemurahan hati dan semangatnya untuk memberi dan membantu sesama.

Tidak hanya itu, Santo Nikolas sangat dihormati sebagai santo pelindung anak-anak dan pecinta orang miskin. Kisah Santo Nikolas dan perbuatan baiknya ini menjadi awal kemunculan dari tradisi Sinterklas.

Sosok pria dengan janggut putih yang selalu memberikan hadiah kepada anak-anak menjelang hari Natal tiba. Setiap negara di dunia merayakan Hari Santo Nikolas dengan cara yang berbeda. Namun, satu yang pasti adalah perayaan ini memiliki tujuan untuk menghibur dan memberikan hadiah kepada anak-anak.

Perayaan unik sesungguhnya terjadi di Jerman dan Belanda. Biasanya, di Hari Santo Nikolas anak-anak akan meninggalkan sepatu atau sepatu khusus di depan perapian atau pintu depan pada malam hari dan menemukan hadiah di dalamnya pada pagi hari.

Washington Post Pertama Kali Terbit

Ilustrasi aplikasi Washington Post / Shutterstock

Washington Post saat ini merupakan salah satu surat kabar terbesar dan tertua. Bukan tanpa alasan, Washington Post terbit pertama kali pada 6 Desember 1877 di Washington D.C, Amerika Serikat. Bahkan, banyak berita besar yang disiarkan dan disajikan oleh para pewarta Washington Post untuk dikonsumsi masyarakat banyak.

Salah satu pemberitaan atau investigasi dari Washington Post yang sangat terkenal adalah pada saat jurnalis surat kabar ini bernama Bob Woodward dan Carl Bernstein, memulai investigasi media terhadap Watergate pada tahun 1970.

Baca Juga: “Today in History: Hari Relawan Internasional Hingga HUT Walt Disney

Hasil investigasi dari jurnalis ini menjadi peranan penting terhadap mundurnya Richard Nixon dari kursi kepresidenan pada saat itu.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *