Today in History: Hari Sumpah Pemuda, Sampai Kelahiran Bill Gates

Peristiwa sejarah apa yang terjadi di tanggal 28 Oktober tiap tahunnya? Simak Today in History.

167
0
Today in History

Berbagai peristiwa sejarah terjadi pada tanggal 28 Oktober. Dari dalam negeri misalnya, ada Hari Sumpah Pemuda yang menjadi suatu peringatan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Ikrar ini juga dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Lantas, peristiwa sejarah apalagi yang terjadi pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya? “Today in History” akan membahasnya. Let’s check this out.

Hari Sumpah Pemuda

ilustrasi by Shutterstock

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Tahun ini, Sumpah Pemuda diperingati tepat ke-94 tahun. Hari ini merupakan salah satu tonggak sejarah dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya bangsa Indonesia. Sejarah Sumpah Pemuda berkaitan erat dengan keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan 27-28 Oktober 1928 di Jakarta. Keputusan ini menegaskan cita-cita bersama akan adanya tanah air Indonesia, Bangsa Indonesia dan Bahasa Indonesia.

Hari Animasi Internasional

Hari ini, 28 Oktober merupakan peringatan Hari Animasi Internasional yang selalu dirayakan setiap tahun. Hari ini dibuat untuk merayakan dan mengapresiasi gambar statis yang bergerak sebagai seni kreatif dan industri yang dinamis.

Pada tahun 2002, Asosiasi Film Animasi Internasional (Association Internationale du Film d’Animation) membuat hari ini untuk memperingati hari ketika animasi pertama kali muncul di depan umum.

Hari Lemur Sedunia

Photo by Shutterstock

Hari Lemur Sedunia diperingati pada hari Jumat terakhir di bulan Oktober. Dan tahun ini, tanggal itu adalah 28 Oktober. Tujuan dari dibuatnya hari ini adalah untuk merayakan primata yang termasuk dalam subordo Strepsirrhini.

Hari ini juga dibuat untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya melestarikan spesies yang terancam punah ini. Saat ini, beberapa spesies lemur masuk dalam binatang yang terancam punah. Mereka terancam karena segudang masalah lingkungan, perburuan, perubahan iklim, hingga perdagangan hewan.

Kelahiran Bill Gates

Photo by Shutterstock

Salah satu CEO perusahaan komputer terbaik di dunia, Bill Gates, lahir di tanggal ini di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Keluarga Gates berasal dari ekonomi menengah atas, ayahnya adalah seorang pengacara dan ibunya adalah anggota dewan direktur First Interstate BancSystem dan United Way.

Bill Gates pertama kali mengenal komputer saat usianya masih menginjak 13 tahun. Saat itu, klub di sekolahnya membeli beberapa komputer General Electric (GE) untuk para siswa. Melihat komputer ini, Gates tertarik dan mulai mempelajarinya.

Ketertarikannya terus diasah sampai beliau mendirikan Microsoft pada tahun 1975 silam. Dengan perusahaan ini, Bill Gates pernah menjadi orang terkaya di dunia selama beberapa tahun. Selamat ulang tahun Bill Gates!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *