Today in History: Kapal Selam Amerika Memulai Misi Keliling Dunia

Hari ini juga menjadi hari antropologi sedunia, ilmu yang mempelajari budaya masyarakat.

119
0
Today in History

Setiap tanggal 16 Februari diperingati sebagai hari bersejarah bagi sistem perkapal selaman dunia. Pada beberapa tahun silam tepatnya di tahun 1960, kapal selam Amerika memulai misi keliling dunia yang dimulai dari London.

via GIPHY

Selain itu, tepat pada hari ini ada sebuah perayaan Hari Antropologi Sedunia yang dirayakan untuk berbagi ilmu antropologi yang merupakan sebuah ilmu yang mempelajari kebudayaan masyarakat.

Lantas, ada peristiwa bersejarah apa lagi yang terjadi pada hari ini tanggal 16 Februari? Semuanya ada di “Today in History”.

Kapal Selam Amerika Memulai Misi Keliling Dunia Pertama

Ilustrasi kapal selam/Unsplash

Tepat pada 16 Februari tahun 1960, sebuah misi kapal selam Amerika Serikat yang diberi nama Operation Sandblast mulai dilakukan. Kapal selam dengan nama U.S Navy USS Triton ini memulai misi keliling dunia yang dimulai dari London, Inggris.

Kapal ini juga melakukan penyelaman di bawah permukaan laut tanpa naik ke atas permukaan. Hal ini menjadi sebuah sejarah baru bagi penyelaman dunia. Misi ini berjalan dengan sangat baik hingga akhirnya kembali ke daratan Amerika.

Hari Antropologi Sedunia

Ilustrasi kebudayaan/Unsplash

Hari Antropologi Sedunia selalu diperingati pada Kamis ketiga bulan Februari dan pada tahun 2023 ini jatuh pada tanggal 16 Februari. Hari ini dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi tentang antropolgi.

Antropologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari asal usul dan perkembangan budaya manusia serta masyarakat. Ilmu ini mengkaji karakteristik masyarakat di masa lalu dan sekarang menggunakan metode ilmiah yang berbeda.

Hari Protokol Kyoto

Ilustrasi pabrik atau industri/Unsplash

Mungkin kamu agak sedikit asing dengan perayaan hari ini. Namun, ini adalah sebuah perayaan hari yang penting untuk lingkungan hidup, utamanya yang berkaitan dengan limbah industri. Hari Protokol Kyoto ini dibuat dengan tujuan mengurangi pencemaran lingkungan dalam industri.

Baca Juga: “Today in History: Ada Perayaan Hari Kesadaran Jomlo, Lho!

Adanya hari ini juga diharapkan bisa mengingat kembali para pelaku industri untuk membuang limbahnya dengan baik untuk mencegah pencemaran lingkungan dan merusak ekosistem yang ada di sekitar daerah tersebut.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *