Today in History: Kelahiran Arsitek Masjid Istiqlal Sampai Hari Kelahiran Park Seo-joon

Peristiwa bersejarah ini menarik diketahui, yuk dicek ada apa aja.

141
0
Today in History

Tanggal 16 Desember setiap tahunnya dirayakan sebagai hari bersejarah baik di dalam negeri maupun luar negeri. Peringatan hari-hari bersejarah ini menjadi penting untuk pengingat kita semua bahwa apa yang kita rayakan hari ini memiliki perjalanan yang cukup panjang pada dahulu kala.

Selain itu, ada pula beberapa kelahiran dari tokoh terkenal yang berjasa di berbagai bidang, seperti film, musik, dan lain sebagainya.

Lalu, ada peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Akademi TNI  

Foto Tentara Nasional Indonesia / Shutterstock

Hari Akademi TNI yang pada dahulu disebut sebagai Hari Akabri selalu diperingati pada tanggal 16 Desember setiap tahunnya. Pada tahun ini, Akademi TNI memperingati hari jadinya yang ke-57. Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) berdiri pada tanggal 16 Desember 1965.

Pembentukan lembaga pendidikan ini didasarkan pada sejarah rivalitas yang begitu tinggi antara Angkatan dan menimbulkan persaingan yang tidak sehat. Oleh karenanya, para penggagas ABRI merasa perlu untuk menyatukan visi dan persepsi dengan integrasi ABRI, serta mengembangkan semangat integrasi dini sejak di lembaga pendidikan.

Berdirinya Akabri yang pada saat ini bernama Akademi TNI didasarkan pada Surat Keputusan Presiden RI Nomor 185/Koti/1965 pada tanggal 16 Desember 1965. Tanggal ini lah yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Angkatan TNI.

Hari Ulang Tahun Frederick Silaban

Foto Frederich Silaban / blogpenemu.blogspot.com

Siapa yang tak kenal Masjid Istiqlal, Stadion Gelora Bung Karno, Markas TNI Angkatan Udara yang menjadi bangunan ikonik di daerah Jakarta. Siapa sosok yang merancangnya hingga bisa semegah itu? Bapak Frederich Silaban namanya.

Bapak Frederich Silaban lahir di Bonandolok, Sumatra Utara, 16 Desember 1912. Beliau merupakan seorang arsitek otodidak yang hanya memiliki pendidikan formal sampai setingkat STM (Sekolah Teknik Menengah).

Namun, ketekunan Frederich Silaban mengikuti berbagai macam sayembara perancangan arsitektur, membuatnya tersohor hingga ke mancanegara. Tak sampai di situ, Bapak Frederich Silaban juga menjadi salah satu orang yang mendirikan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Kini, berbagai macam bangunan karya Bapak Frederich Silaban masih bisa kita nikmati. Terima kasih Bapak Frederich Silaban. Karya-karyamu akan kami kenang sepanjang masa.

Hari Kelahiran Park Seo-joon

Foto Park Seo-joon / @bn_sj2013

Para pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan nama Park Seo-joon. Pria ini kerap membintangi berbagai macam drama Korea terkenal. Kabar terbaru mengatakan bahwa ia akan tampil dan menjadi bagian dari Film Captain Marvel 2: The Marvels yang akan rilis di 2023 mendatang.

Baca Juga: “Today in History: Olahraga Basket Diciptakan, Sampai Kelahiran Anya Geraldine

Park Seon-joo lahir pada tanggal 16 Desember 1988 dengan nama lahir Park Yong-gyu. Selain menjadi aktor terkenal, Park Seo-joon juga piawai bernyanyi dengan membuat soundtrack untuk drama Korea seperti Hwarang: The Poet Warrior Youth (2017) dan She Was Pretty.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *