Today in History: Konser Jazz Pertama Kali Digelar di Amerika

Mulai dari peringatan presiden perempuan pertama di Benua Afrika, hingga ultah member SEVENTEEN.

196
0
Today in History

Tanggal 16 Januari menjadi salah satu peringatan bersejarah yang tidak bisa kita lupakan sampai dengan hari ini. Peristiwa ini menjadi pengingat bagi kita semua bahwa semua yang ada pada saat ini memiliki kisahnya masing-masing.

Salah satunya adalah konser musik jaz pertama yang dilaksanakan di Amerika Serikat. Benny Goodman adalah orang yang melakukan konser musik jaz pertama kali di New York City, Amerika Serikat.

via GIPHY

Selain itu, ada pula sejarah penting yang terjadi di Benua Afrika. Pasalnya, perempuan pertama Afrika terpilih menjadi presiden Liberia pada waktu itu.

Lantas, ada peristiwa apa lagi yang terjadi pada hari ini tanggal 16 Januari? “Today in History” akan membahasnya.

Konser Jaz Pertama Kali Dilaksanakan di Amerika Serikat

Ilustrasi karikatur Benny Goodman / Shutterstock

Musik jaz disebut sebagai musik klasik asal Amerika yang meyakinkan orang banyak kalau asal usul dari musik ini berasal dari Amerika. Pada tanggal 16 Januari 1930, Benny Goodman menjadi orang pertama yang menyelenggarakan konser musik Jazz di Cornegie Hall, Amerika Serikat.

Aksi Goodman dan beberapa temannya dianggap sebagai konser musik jaz terpenting dalam sejarah permusikan dunia. Konser ini pun ternyata memiliki banyak peminat hingga tiketnya terjual habis dalam beberapa waktu saja.

Sampai pada akhirnya ada sebuah penemuan rekaman master studio alumunium yang menghasilkan CD ulang berkualitas tinggi pada tahun 1998, 2002, dan 2006 dari konser jaz Carnegie Hall yang legendaris.

Ellen Johnson Sirleaf Jadi Presiden Perempuan Pertama Benua Afrika

Foto Ellen Johnson Sirleaf / Shutterstock

Ellen Johnson merupakan Presiden Liberia ke-24 yang menjabat dari tahun 2006 sampai 2018. Berkat terpilihnya Ellen, ia menjadi perempuan pertama yang hingga saat ini menjabat sebagai kepala negara/presiden di Afrika.

Beliau juga pernah dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2011 dari Liberia dan Tawakei Karman dari Yaman. Ellen Johnson diakui sebagai pejuang untuk keselamatan perempuan dan hak-hak perempuan untuk berpartisipasi penuh dalam pembangunan perdamaian bekerja.

Hari Kelahiran Boo Seungkwan

Boo Seungkwan merupakan seorang idol yang tergabung dalam boyband SEVENTEEN. Ia dikenal sebagai sosok yang humoris. Boo Seungkwan lahir di Busan, 16 Januari 1998. Ia juga tergabung dalam sub-unit SEVENTEEN bersama dengan Hoshi dan DK.

Baca Juga: “Today in History: Hari Stiker Internasional

Seungkwan masuk ke dalam grup K-pop SEVENTEEN pada tahun 2015 setelah ia menjalani training sebagai idol selama kurang lebih 3 tahun 2 bulan. Tak hanya memiliki vokal yang luar biasa, Seungkwan juga sangat aktif menjadi entertainer dan tampil dalam beberapa acara televisi. Selamat ulang tahun Boo Seungkwan!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *