Today in History: Lahirnya Persatuan Islam (Persis) Sampai Kelahiran Pesepakbola Jepang Nagatomo

Pada hari ini, organisasi Persatuan islam resmi berdiri pada tahun 1923 di Bandung. 12 September juga merupakan kelahiran pesepakbola Jepang Nagatomo.

280
0

Sejumlah kejadian besar terjadi pada tanggal 12 September beberapa tahun lalu. Satu di antaranya adalah lahirnya organisasi Persatuan Islam (Persis) di Bandung, Jawa Barat. Organisasi ini diinisiasi oleh sekelompok Islam yang berminat dalam pendidikan dan aktivitas keagamaan. Lantas, apalagi peristiwa sejarah yang terjadi pada 12 September? Selengkapnya dalam “Today in History”.

  • Lahirnya Persatuan Islam (Persis) di Bandung

Persatuan Islam atau Persis merupakan sebuah organisasi Islam yang ada di Indonesia. Persis berdiri tepat pada tanggal 12 September 1923 di Bandung oleh sekelompok Islam yang berminat di bidang pendidikan dan aktivitas keagamaan yang dipimpin oleh Haji Zamzam dan Haji Muhammad Yunus.

Persis didirikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman Islam yang sesuai dengan aslinya yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Persis juga memberikan pandangan Islam yang lebih modern daripada Islam tradisional yang dianggap tidak lagi relevan digunakan pada saat itu karena sudah tercampur dengan budaya lokal, sikap taklid buta, dan sikap tidak mau menggali Islam lebih dalam.

  • Penemuan Lukisan Bersejarah di Prancis

Lukisan Gua Lascaux merupakan sebuah gambar yang diperkirakan sudah ada sejak 15.000 SM yang terdiri dari berbagai macam gambar memesona yang ada di dalamnya, termasuk gambar 6.000 binatang.

Lukisan ini sempat dinyatakan hilang dan akhirnya kembali ditemukan pada tanggal 12 September 1940. Untuk memperkaya warna yang ada di dalam lukisan ini, manusia purba pada saat itu menggunakan pigmen termasuk hematit merah, goelit kuning, dan mangan hitam. Selain itu bahan-bahan tadi dicampur dengan pengikat seperti lemak hewani, tanah liat, atau air untuk menghasilkan cat yang sempurna.

  • Hari Kelahiran Legenda Sepakbola Jepang Yuto Nagatomo

Yuto Nagatomo merupakan seorang legenda hidup sepakbola Jepang yang lahir pada 12 September 1986. Saat ini, Nagatomo bermain untuk klub Galatasaray sebagai pemain pinjaman dari FC Internazionale Milano. Dan beliau berposisi sebagai bek sayap.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *