Today in History: Lahirnya Provinsi Banten Hingga Hari Hewan Sedunia

Beragam peristiwa sejarah terjadi pada tanggal 4 Oktober, termasuk di Indonesia ada hari terbentuknya Provinsi Banten. Selengkapnya dalam “Today in History”.

259
0
Gajah, Hari Hewan Sedunia

Beragam peristiwa sejarah terjadi pada tanggal 4 Oktober, termasuk di Indonesia. Satu di antaranya adalah Provinsi Banten pertama kali dibentuk berdasarkan UU No. 23 Tahun 2000. Lantas, apalagi peristiwa sejarah yang terjadi pada hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Terbentuknya Provinsi Banten

Puncak perayaan hari terbentuknya Provinsi Banten terjadi pada 4 Oktober tahun 2000 saat puluhan ribu masyarakat Banten mendatangi Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat. Pada waktu itu, sedang dilaksanakan Sidang Paripurna DPR untuk pengesahan RUU Provinsi Banten.

Pada akhirnya, masyarakat Banten pun sepakat bahwa tanggal tersebut menjadi Hari Jadi Provinsi Banten yang saat itu dipimpin oleh Bapak H.D. Munandar sebagai Gubernur dan Ratu Atut Chosiyah sebagai wakil gubernur.

Hari Kelahiran Ridwan Kamil

Dr. (H.C) H. Mochamad Ridwan Kamil adalah Gubernur Jawa Barat aktif sampai saat ini. Kang Emil, sapaan akrabnya, adalah seorang arsitek dan politisi Indonesia. Awal karier politik Ridwan dimulai pada tahun 2013 saat menjadi Wali Kota Bandung.

Ridwan Kamil juga pernah menjadi aktor di beberapa film Indonesia. Salah satunya adalah film Demi Ucok di tahun 2013, Hijabers in Love pada tahun 2014, sinetron Preman Pensiun pada tahun 2015, dan lain sebagainya.

Kang Emil juga pernah mendapat penghargaan Urban Leadership Award dari University Pennsylvania, Amerika Serikat, pada tahun 2010.

Hari Hewan Sedunia

Hari Hewan Sedunia atau World Animal Day selalu diperingati setiap tanggal 4 Oktober setiap tahunnya. Hari ini merupakan salah satu kesempatan spesial untuk lebih memperhatikan kesejahteraan hewan di seluruh dunia.

World Animal Day pertama kali dicetuskan oleh Heinrich Zimmerman seorang penulis dan penerbit. Hari Hewan Sedunia diselenggarakan pada 4 Oktober 1929. Hari ini juga diperingati sebagai hari wafatnya Santo Fransiskus dari Assisi yang merupakan santo pelindung ekologi, termasuk hewan.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *