Today in History: Museum Rekor Indonesia Didirikan

Museum Rekor Indonesia (MURI) didirikan pada tanggal 27 Januari 1990 di Semarang.

193
0
Today in History

Tak terasa kita sudah sampai di Jumat terakhir bulan Januari 2023. Namun, tenang saja “Today in History” akan selalu hadir untuk memberikan informasi bersejarah tentang peristiwa yang terjadi pada hari ini.

Tanggal 27 Januari menjadi peringatan bagi Museum Rekor Indonesia (MURI) yang menjadi lembaga pencatat rekor untuk dalam negeri. Selain itu, di dunia otomotif ada debut dari mobil Shelby GT 350 yang menjadi mobil mewah pada zaman itu.

Penasaran dengan peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? “Today in History” akan membahasnya.

Museum Rekor Indonesia Didirikan

Today in History
Sumber foto: @MURI_org

Mengutip laman muri.org, Museum Rekor Indonesia (MURI) didirikan pada tanggal 27 Januari 1990 di kawasan perindustrian Jamu Jago, Srondol, Semarang, Jawa Tengah, oleh Jaya Suprana. Beberapa bulan berdiri, Museum Rekor Indonesia mencatatkan rekor pertamanya di tanggal 14 Juli 1990 yaitu Pejalan Kaki Termuda.

Rekor ini dipecahkan oleh Vinas V. Lindri Saputri yang berumur 6 tahun dan menempuh jarak perjalanan 55 Km dari Semarang menuju Jakarta selama 26 hari. Pada tahun 2009, buku MURI diterbitkan dan menceritakan kembali perjalanan MURI dari tahun 1990-2008.

Pada tahun ini juga MURI berganti nama menjadi Museum Rekor-Dunia Indonesia karena mulai mencatat rekor skala dunia.

John Lennon Tulis Lagu “Instant Karma” Dalam Waktu 1 Malam

Sumber foto: Shutterstock

“Saya menulisnya untuk sarapan, merekamnya untuk makan siang, dan kami menyiapkannya untuk makan malam,” kira-kira begitulah ungkapan sang legenda John Lennon ketika bercerita tentang lagu “Instant Karma” yang ditulisnya dalam waktu 1 malam.

Lagu ini menjadi salah satu single paling berkesan untuk dirinya sebagai penyanyi solo dan single ketiga Lennon sebelum muncul pembubaran resmi The Beatles. “Instant Karma” pernah setidaknya pernah menjadi salah satu lagu pop tercepat yang pernah ada.

Shelby GT 350 Debut Pertama Kali

Sumber foto: Shutterstock

Pada 27 Januari 1965, mobil Shelby GT 350 yang merupakan mobil sport Ford Mustang diluncurkan untuk pertama kalinya. Shelby GT 350 yang menampilkan mesin V-8 berkekuatan 306 tenaga kuda ini tetap diproduksi sampai tahun 1960-an dan menjadi barang kolektor berharga sekarang.

Baca Juga: “Today in History: Hari Pendidikan Lingkungan Internasional

Ford Mustang ini memiliki kap panjang dan dek belakang pendek. Lebih dari 400.000 Mustang terjual dalam tahun pertama produksinya, jauh melebihi ekspektasi penjualan pada saat itu. Semakin berkembang, Mustang mengalami banyak evolusi dan tetap diproduksi sampai saat ini dengan lebih dari 9 juta mobil sudah terjual.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *