Today in History: Organisasi ASEAN Berdiri

Hari ini merupakan hari besar bagi negara-negara di Asia Tenggara.

197
0
Today in History

Tepat pada hari ini, organisasi negara di Asia Tenggara, ASEAN, berdiri pada tahun 1967. Tujuan dari didirikannya organisasi ini adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN serta memajukan kehidupan sosial di antara negara tersebut.

Lantas, ada peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Jadi Organisasi ASEAN

Sumber foto: Shutterstock

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau yang lebih dikenal dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) berdiri pada 8 Agustus 1967.

ASEAN merupakan salah satu organisasi kerja sama antara negara-negara Asia Tenggara yang didirikan di Bangkok, Thailand. Pembentukan ASEAN ini diprakarsai oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura.

Adapun salah satu tujuan dibentuknya ASEAN adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan persahabatan.

Hari Musik Opera

Sumber foto: Shutterstock

Hari Musik Opera selalu diperingati setiap tanggal 8 Februari setiap tahunnya. Peringatan ini sangat populer utamanya bagi masyarakat di Amerika Serikat. Opera merupakan salah satu jenis musik klasik yang masih bisa dinikmati sampai dengan saat ini dengan lantunan yang begitu indah.

Bahkan, musik opera menjadi salah satu jenis musik yang jika dipentaskan sangat elegan dengan perpaduan berbagai jenis alat musik di dalamnya. Alat musik yang digunakan dalam pementasan opera sendiri cukup banyak, bahkan ada yang mencapai 15 alat musik.

Program TV Berwarna di Dunia Disiarkan di Meksiko

Sumber foto: Shutterstock

Siapa yang menyangka bahwa sejarah perkembangan televisi berwarna yang kita nikmati sekarang ini berasal dari Meksiko? Yes, pada 8 Februari 1963, program siaran televisi berwarna pertama kali di dunia dan disiarkan di Mexico City, Meksiko.

Baca Juga: “Today in History: Film Animasi Pinocchio Tayang Pertama Kali

Stasiun televisi pertama yang menayangkan program dengan warna ini adalah XHGC-TV. Program siaran televisi berwarna ini merupakan sebuah terobosan yang dilakukan oleh insinyur Meksiko bernama Gullermo Gonzalez Camerana.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *