Today in History: PBB Gelar Pertemuan Perdana

150
0
United Nations (PBB) saat bersidang

Beragam peristiwa bersejarah terjadi pada tanggal 10 Januari setiap tahunnya. Seperti hari ini, ada sejarah tentang pertemuan pertama yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. Organisasi yang membawahi berbagai bidang dan kepedulian akan dunia ini pertama kali melakukan pertemuan di tanggal 10 Januari 1946.

Selain itu, ada pula sejarah tentang perkembangan dunia penerbangan yang juga terjadi di hari ini. Pesawat kapal terbang pertama melakukan penerbangannya pada 10 Januari 1912. Ini menjadi tonggak penting untuk sejarah penerbangan dunia. Penemuan ini juga menjadi cikal bakal pesawat capung yang saat ini digunakan untuk moda transportasi di Indonesia Timur.

Lalu, ada peristiwa bersejarah apa lagi ya hari ini? Semuanya ada di “Today in History”.

PBB Lakukan Pertemuan Perdana di Inggris

Para anggota PBB yang sedang rapat / Shutterstock

Majelis Umum PBB melakukan pertemuan perdananya tepat pada hari ini, 10 Januari 1946 di London, Inggris. Pertemuan pertama dari organisasi dunia ini dihadiri oleh 51 negara yang menjadi anggotanya. Pertemuan dari delegasi PBB ini juga menandai berakhirnya Perang Dunia II yang menjadi salah satu peristiwa bersejarah dunia.

Saat ini, PBB memiliki tugas penting untuk menjaga kerukunan antar negara yang ada di bumi ini. Selain itu, PBB juga bertanggung jawab atas berbagai macam permasalahan yang dimiliki masyarakat dunia. Salah satunya adalah virus berbahaya, covid-19, dan lain sebagainya.

Mobil Termurah di Dunia Debut di India

Foto Mobil Termurah di Dunia (Nano) / Shutterstock

Tanggal 10 Januari 2008 nampaknya menjadi hari yang membanggakan bagi masyarakat India. Pasalnya, salah satu pabrikan pembuat mobil di India, Tata Motors, meluncurkan produk yang dikatakan sebagai mobil termurah di dunia pada saat itu.

Tata Motors mengklaim bahwa kendaraan ini menjadi mobil rakyat dan akan menjadi kendaraan keluarga yang sebelumnya tidak mampu membeli mobil. Harga mobil yang diberi nama Nano pada saat itu hanya $2.500 (Rp37 juta kurs rupiah Rp15.000).

Harga ini nampaknya menjadi harga yang bisa dijangkau masyarkat India pada waktu itu. Wahh siapa yang baru tahu kalau mobil termurah di dunia asalnya dari India? 😊

Pesawat Terbang Kapal Pertama Diluncurkan

Foto pesawat kapal pertama / britannica.com

Glenn Hammond Curtiss, pria asal Amerika Serikat ini berhasil menerbangkan pesawat kapal terbang pertama pada 10 Januari 1912 dan dinamakan “The Model E”. Hal ini lantas menjadi sejarah baru di dunia penerbangan. Pasalnya, Curtiss menjadi orang pertama yang benar-benar sukses menerbangkan pesawat dengan jarak yang cukup jauh dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Pesawat “The Model E” juga memiliki tempat duduk pilot seperti sekarang ini dengan pipa tegak yang ada di dalamnya. Selain itu, kecepatan pesawat ini juga bisa mencapai 84km/jam dengan berbagai modifikasi yang ada di dalamnya.

Baca Juga: “Today in History: Steve Jobs Perkenalkan iPhone di Tahun 2007

Wahhh, ternyata pesawat kapal terbang pertama ini sudah ada dari tahun 1912 loh Gengs. Bisa dibayangkan enggak tuh betapa senangnya liat pesawat bisa terbang untuk pertama kali.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *