Today in History: Pemilu Pertama Indonesia di Tahun 1955, Hingga Hari Jantung Sedunia

Mulai dari Indonesia mengadakan pemilu pertama kali pada tahun 1955, hingga hari peringatan jantung sedunia, ini Today in History.

201
0
Today in History

Berbagai peristiwa sejarah dan peringatan hari besar terjadi pada 29 September. Mulai dari Indonesia mengadakan pemilu pertama kali pada tahun 1955, hingga hari peringatan jantung sedunia. Kedua hari ini menjadi sangat penting untuk diperingati karena berbagai latar belakang yang mendasarinya. Lalu, peristiwa apa lagi yang terjadi pada 29 September? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Indonesia Laksanakan Pemilu Pertama Kali Pada 1955

Pemilihan Umum (Pemilu) pertama untuk memilih anggota DPR digelar pada tanggal 29 September 1955. Pada saat itu, partai politik yang berpartisi dalam demokrasi ini sebanyak 29. Berdasarkan hasil pemilu ini, Partai Nasional Indonesia menjadi pemenang dan memperoleh suara paling banyak. Di posisi kedua, Nahdlatul Ulama (NU) mendapatkan 45 kursi.

Selanjutnya, di urutan ketiga ada Partai Komunis Indonesia (PKI) yang mendapatkan 39 kursi, yang kemudian diikuti oleh Partai Syarikat Islam Indonesia dengan perolehan 28 suara.

Hari Sarjana Indonesia

Hari Sarjana Indonesia selalu diperingati setiap tanggal 29 September. Peringatan ini dibuat untuk mengapresiasi perjuangan dan pengorbanan seluruh mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Peringatan hari ini dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2014 silam.

Dengan adanya hari ini, diharapkan para generasi penerus Indonesia bisa menjadi lebih termotivasi dan terinspirasi untuk maju.

Hari Jantung Sedunia

Hari Jantung Sedunia selalu diperingati di setiap tanggal 29 September. Adanya peringatan hari ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran akan bahaya penyakit jantung dan cara mengendalikannya.

Hari Jantung Sedunia ditetapkan oleh Federasi Jantung Dunia (WHF) bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hari ini sudah dirayakan sejak 2010 silam. Penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian paling umum secara global. Penyakit jantung koroner atau strok menjadi penyebab utama kematian ini.

Hari Maritim Sedunia

Hari Maritim Sedunia selalu diperingati setiap hari Kamis terakhir di bulan September sejak tahun 1978. Dan tahun ini, peringatan Hari Maritim Sedunia jatuh pada tanggal 29 September. Hari ini dibuat untuk menghormati kerja keras para pekerja di bidang maritim.

Harapan dari adanya hari ini bisa membuat suara para pelaut didengar dan dipahami, khususnya terkait kesejahteraan dan keamanan. Tanggal ini dipilih karena merupakan hari berdirinya Organisasi Maritim Indonesia (IMO) yang merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *