Today in History: Timor Timur Bergabung dengan Indonesia Sampai Kelahiran Hangyul BAE173

Dulu, Timor Timur bergabung dengan Indonesia pada tahun 1975 dan menjadi propinsi ke 27.

152
0
Today in History

Tanggal 7 Desember merupakan hari peringatan berbagai peristiwa bersejarah di dunia. Tidak hanya itu, pada tanggal ini juga beberapa tokoh terkenal di dunia lahir dan merayakan hari jadinya. Di Indonesia sendiri, pada hari ini ada satu peristiwa bersejarah dan cukup besar.

Pasalnya, dulunya daerah Timor Timur bergabung dengan Indonesia pada tahun 1975 di hari ini. Lalu, dari Negeri Ginseng, Korea Selatan, ada kelahiran salah satu idola K-Pop dunia yaitu Hangyul personel BAE173.

Peristiwa menarik apa lagi yang terjadi pada tanggal 7 Desember? “Today in History” akan membahasnya.

Timor Timur Bergabung dengan Indonesia

Foto pantai yang ada di Dili / Shutterstock

Timor Timur sebelumnya propinsi terakhir atau ke 27 Indonesia. Daerah ini dahulu pernah menjadi bagian dari NKRI pada 7 Desember 1975. Ibu Kota dari Provinsi Timor Timur adalah Dili.

Dahulu kala, Timor Timur merupakan daerah jajahan Portugal selama kurang lebih 450 tahun. Namun, pada tahun 2002 silam, secara resmi negara tersebut mendeklarasikan kemerdekaan seutuhnya dan menjadi negara mandiri sendiri.

Lantas, daerah ini pun lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun, lebih jauh dari pada itu Timor Timur pernah menjadi bagian dari sejarah Bangsa Indonesia yang perlu kita ingat dan ketahui bersama.

Aceh Ditetapkan Sebagai Daerah Istimewa

Foto Masjid Baiturrahman di Banda Aceh / Shutterstock

Aceh adalah salah satu provinsi yang berada di ujung timur Indonesia. Lokasinya dekat dengan titik nol Indonesia yang berada di Sabang. Ibu Kota dari provinsi ini adalah Banda Aceh.

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang diberikan hak otonomi khusus oleh pemerintah Indonesia. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk merangkul Aceh agar tetap berada di dalam NKRI dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh.

Mengingat daerah ini adalah wilayah asimetrik dan dibutuhkan jalan tengah untuk menyelesaikan masalah yang ada, oleh karenanya diberikan kebijakan otonomi khusus untuk Provinsi NAD.

Hari Penerbangan Sipil Internasional

Foto salah satu pesawat sipil Indonesia, Citilink / Shutterstock

Hari Penerbangan Sipil Internasional dirayakan setiap tanggal 7 Desember. Hari ini dirayakan untuk mengapresiasi dan bentuk pengakuan terhadap pengaruh industri penerbangan terhadap dunia. Hari ini juga dicetuskan oleh PBB lewat Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Adanya hari ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penerbangan sipil bagi pembangunan sosial dan ekonomi, sekaligus mengajak semua pihalk untuk memperkuat penerbangan sipil.

Untuk Indonesia sendiri, penerbangan sipil menjadi salah satu penopang ekonomi dalam negeri agar terus bisa bertahan di masa sulit sekarang ini. Di samping itu, semoga adanya perayaan hari ini menjadi pengingat untuk seluruh masyarakat Indonesia bahwa industri penerbangan menjadi salah satu hal yang terpenting untuk kita semua.

Hari Kelahiran Hangyul BAE173

Foto Hangyul BAE173 / @official_bae173

Hangyul merupakan salah satu member dari BAE173 yang berposisi sebagai vokalis dan dancer. Hangyul lahir di Incheon, 7 Desember 1999, dengan nama lengkap Lee Han Gyul.

Kisah hidup dari Hangyul sebenarnya tidaklah mudah. Disadur dari beberapa sumber, Hangyul adalah seorang anak yang diadopsi sejak usianya masih 7 tahun. Ia sangat berterima kasih kepada orangtua asuhnya sudah mau membesarkannya sampai dengan sekarang.

Baca Juga: “Today in History: Hari Santo Nikolas, Cikal Bakal Sinterklas

Hanyul juga pernah mengatakan bahwa salah satu keinginannya untuk menjadi seorang penyanyi adalah karena ingin membahagiakan orangtuanya yang sudah memberikan banyak cinta kepadanya. Oleh karenanya, Hangyul ingin membalas itu semua kepada mereka.

Ahh so sweet sekali Hangyul. Love!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *