Tutup Fitur Live Shopping, Instagram Alihkan Fokus ke Periklanan

Facebook juga telah menutup fitur Live Shopping pada Oktober 2022.

180
0
Live Shopping Instagram

Instagram bakal menutup fitur “Live Shopping” per 16 Maret 2023. Bahkan, Facebook yang juga berada di bawah naungan yang sama dengan Instagram, yakni Meta, telah menutup fitur Live Shopping pada Oktober 2022.

Tetapi, enggak dirincikan alasan penutupan Live Shopping di Instagram. Laman Help Center Instagram pun cuma menulis langkah ini bisa membantu perusahaan lebih berfokus pada produk dan fitur yang bermanfaat bagi penggunanya.

Live Shopping Instagram
Ilustrasi gambar Instagram/shutterstock

“Mulai 16 Maret 2023, Anda tidak akan bisa memberi tag (tag harga atau nama produk) saat melakukan live di Instagram. Perubahan ini akan membantu kami berfokus pada produk dan fitur yang memiliki nilai dan fungsi kepada pengguna kami,” tulis Instagram di page Facebook.

Well, terkait hal tersebut, kreator konten atau penjual yang ingin beriklan dan menjual produknya di live IG, enggak lagi bisa memberi tag harga atau pun nama produk dari barang yang dijual.

Live Shopping Instagram
Ilustrasi live IG/shutterstock

Anyway, Instagram tetap menjamin kalau para penjual akan tetap bisa menjalankan bisnisnya lewat Instagram Stories, Reels, dan lainnya.

“Anda akan tetap bisa mengatur dan menjalankan bisnis di Instagram karena kami akan terus berinvestasi dalam (meningkatkan) pengalaman berbelanja di feeds, IG Stories, Reels, iklan dan sebagainya,” tambah Instagram.

Sementara, untuk fitur live streaming yang lain enggak bakal ikut terdampak gengs, termasuk kemampuan mengatur jadwal live, mengundang tamu atau akun lain untuk bergabung di live pengguna, dan membuka sesi tanya jawab di IG Live.

Meta juga mengklaim, penutupan fitur Live Shopping ini bukan akhir dari segalanya juga, karena perusahaan masih tetap berinvestasi di dalamnya. Pasalnya, tercatat hampir 90% seluruh pengguna Instagram at least pasti mem-follow satu akun bisnis.

Dengan begitu, Meta bakal bisa lebih fokus pada periklanan sebagai cara utama pengguna menjalankan bisnisnya di Instagram. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan iklan di Shops dan fitur Advantage Plus yang bisa membantu meningkatkan kinerja iklan.

Fitur-fitur itu bakal memudahkan pengguna untuk membeli produk hanya dengan beberapa ketukan saja di Instagram dan Facebook.

Bagaimana menurut kamu soal penutupan Live Shopping di Instagram gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *