Wasit Keluarkan Kartu Putih di Laga Kompetitif, Apa Maknanya?

Wasit mengeluarkan kartu putih itu dalam pertandingan derby di antara tim putri di Portugal.

193
0
Kartu Putih

Bagi penggemar sepak bola, kartu kuning dan kartu merah sudah enggak lagi familiar. Tapi, tahukah kamu, ternyata di dalam sebuah laga, ada sejarah tercipta, di mana wasit mengeluarkan kartu putih?

Kita semua tahu makna dari kartu kuning dan kartu merah. Tapi, bagaimana dengan kartu putih?

Kartu Putih
Ilustrasi kartu putih/Rekord East

Anyway, momen wasit mengeluarkan kartu putih itu terjadi dalam pertandingan derby di antara tim putri di Portugal, antara Sporting Lisbon melawan Benfica, yang berlangsung akhir pekan lalu.

Benfica unggul 3-0 menjelang berakhirnya babak pertama, lalu staf medis kedua tim terlihat sama-sama berinisiatif membantu seorang pemain yang sebelumnya dikabarkan mengeluh karena sakit.

Enggak lama kemudian, wasit yang memimpin jalannya pertandingan mengambil kartu dari sakunya dan mengeluarkan kartu putih! Nah, menariknya, kartu putih itu ditujukan kepada staf medis kedua tim.

Joe.co.uk menyatakan, kartu putih ini baru pertama kali dipakai di laga kompetitif. Kartu putih ini dimaksudkan untuk mengapresiasi adanya tindakan sportivitas dan fair play di lapangan, serta meningkatkan etika di sepak bola.

Di sisi lain, SportBible mengungkapkan, kartu putih ini baru diperkenalkan di Portugal sebagai bagian inisiatif baru dari FIFA, yang mana di Piala Dunia 2022 juga sudah diberlakukan dalam waktu injury time lebih lama terkait insiden dalam laga.

Kartu Putih
Wasit saat mengeluarkan kartu putih/SportBible

Untuk sementara ini, kartu putih juga baru akan dimunculkan dalam ajang sepak bola domestik Portugal sambil melihat bagaimana reaksi suporter terhadap kemunculan kartu baru ini.

Balik ke pertandingan tadi, tim putri Benfica akhirnya memenangkan laga derby dengan skor telak 5-0, sekaligus mengantarkan mereka ke semifinal Taca de Portugal (turnamen dalam kompetisi di Portugal).

Bagaimana pendapat kamu sebagai anak bola tentang kartu putih ini, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *