Waspada Microsleep Saat Mudik, Perhatikan Waktu Istirahat Sang Pengemudi

Mengantuk saat mengemudi? Yuk, menepi dulu.

85

Hari Raya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi nih gengs, pada saat ini banyak masyarakat Indonesia yang sudah banyak meninggalkan Jakarta ke berbagai daerah tujuannya untuk mudik Lebaran.

Well, sebelum berangkat mudik, selain kondisi kendaraan, kamu juga harus memperhatikan kondisi kesehatan, apalagi jika kamu menjadi pengemudi sebuah kendaraan.

Pastikan waktu istirahat kamu cukup dan jam tidur juga terjaga, ya gengs. Hal ini berguna agar kondisi tubuh kamu siap dan meminimalisir hal-hal yang enggak diinginkan, salah satunya tertidur sejenak saat menyetir atau microsleep.

via GIPHY

Microsleep merupakan kondisi hilangnya kesadaran secara singkat akibat badan yang kelelahan.

Menurut pengamat transportasi, Bapak Sony Sulaksono Wibowo, sebenarnya microsleep bukan cuma dialami oleh orang yang mengantuk saja. Kondisi tubuh kurang oksigen, jenuh, dan kelelahan juga dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran saat mengemudi.  

Hal yang sama juga disampaikan oleh Bapak AKBP Budiyanto, S.Sos, MH sebagai Pemerhati Masalah Transportasi dan Hukum mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro. Ia mengatakan microsleep merupakan salah satu penyebab pelanggaran lalu lintas yang cukup berat, karena rentan terjadi kecelakaan.

Ilustrasi Microsleep Sangat Membahayakan Keselamatan/Via: Shutterstock

Meski hanya dalam hitungan detik, microsleep dapat mengakibatkan hal yang fatal seperti kecelakaan saat mudik gengs. Jadi pastikan kamu menjaga kondisi tubuh kamu ya Oppal gengs!

Ciri-Ciri Microsleep

Melansir dari detikhealth, ada beberapa ciri-ciri microsleep yang wajib kamu waspadai ketika sedang berkendara. Seperti mulai menguap secara terus-menerus, mata berair, dan mobil yang mulai kehilangan kendali.

via GIPHY

Jika beberapa gejala tersebut sudah kamu rasakan, tandanya kamu sudah mengalami kelelahan, kemungkinan daya refleks bakal menurun, dan koordinasi antar tubuh akan terganggu.

Jadi penting banget kamu beristirahat di rest area jika merasakan lelah atau mengantuk. Jangan memaksakan diri ya gengs. Ingat, usahakan untuk beristirahat selama 30 menit setelah mengemudi selama 4-6 jam. Dengan begini, tubuh akan lebih segar dan tidak mudah kelelahan.

Tips untuk Mencegah Microsleep

Untuk mencegah mengalami microsleep, kamu bisa melakukan beberapa tips yang sudah OPPAL rangkum berikut ini.

  • Pastikan istirahatmu cukup sebelum mengemudi, tips ini penting banget untuk kamu lakukan sebelum mengendarai kendaraan pada saat mudik, apalagi kalau jaraknya cukup jauh. Istirahat yang cukup bakal memberikan tenaga tambahan untuk tubuh dan rasa kantuk tidak cepat muncul.
  • Memutar lagu, meski terdengar sepele, cara ini efektif untuk mencegah kantuk, lho gengs. Ingat, mengantuk juga bisa terjadi karena bosan. Jika tidak ada pemutar lagu, kamu bisa mengobrol dengan penumpang yang ada di sebelahmu agar tetap bisa menjaga konsentrasi.
  • Berhenti sebentar dan regangkan badan, seperti yang udah disebutkan sebelumnya. Jika kamu sudah mengantuk, ada baiknya kamu berhenti sejenak di rest area untuk istirahat. Atau kamu juga bisa menggunakan gerakan peregangan selama 10–15 menit.
  • Mengonsumsi kopi juga bisa menjadi opsi. Bagi Oppal gengs yang sudah biasa mengonsumsi kopi, kamu bisa melakukan tips ini untuk mencegah kantuk. Meski begitu, ingat bahwa kafein pada kopi hanya menunda rasa kantuk, bukan menghilangkan seluruhnya. Akan ada waktunya di mana kamu merasa depleted karena konsumsi kopi, yang berarti kamu harus benar-benar beristirahat.

Rasa mengantuk jangan kamu sepelekan, ya gengs. Beristirahatlah jika perlu. Ingat, yang terpenting kamu bisa berkumpul bersama keluarga dengan aman dan selamat di Hari Raya Lebaran. Selamat mudik! Stay safe, gengs!

via GIPHY