Weekly News Wrap Up: Jangan Ketinggalan, Gerhana Bulan Penumbra Akan Terlihat di Indonesia 5 Mei 2023

Mulai dari gerhana bulan, SEA games 2023, sampai angka pendatang ibu kota, semua ada di wrap up news.

71

Rise and shine, gengs! Apakah akhir pekanmu kemarin menyenangkan dengan adanya libur panjang? Menyambut hari Selasa, yuk kita lirik kembali beberapa informasi penting dan menarik selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”. Keep scrolling!

Gerhana Bulan Penumbra dapat Terlihat di Indonesia 5 Mei 2023

Ilustrasi Gerhana Bulan/Shutterstock

Setelah Gerhana Matahari Hibrid yang terjadi pada 20 April lalu, kini Gerhana Bulan Penumbra diprediksi akan terjadi di wilayah Indonesia pada awal Mei mendatang, gengs. Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi dari tanggal 5 Mei 2023.

Menariknya, fenomena Gerhana Bulan Penumbra ini dapat diamati hampir di seluruh wilayah Indonesia, lho. Kamu juga bisa melihat gerhana bulan langsung dengan mata tanpa bantuan alat apapun seperti teleskop. Berikut lokasi dan jadwal lengkap terjadinya Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia.

Jakarta dan Prediksi Tambahan 40 Ribu Orang Usai Lebaran 2023

Jakarta

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta memperkirakan akan ada 40 ribu pendatang di Ibu Kota usai Lebaran 2023 ini. Pihak Dukcapil juga menyebut angka ini meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya. Informasi selengkapnya mengenai prediksi pendatang yang akan datang ke Jakarta pascalebaran dapat kamu baca di sini.

Teknik Modifikasi Cuaca Jadi Senjata Indonesia Hadapi Badai El Nino

El Nino
Foto Bapak Luhut Binsar Pandjaitan/@luhut.pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Bapak Luhut Binsar Pandjaitan buka suara menyoal suhu panas yang terjadi akhir-akhir ini. Pak Luhut juga mengatakan bahwa badai El Nino akan membawa suhu tinggi dan membuat cuaca jadi lebih kering akhir-akhir ini. Keterangan lengkap dari Bapak Luhut mengenai badai El Nino dan musium kemarau panjang yang akan datang ke Indonesia dapat dilihat di sini.

Jadwal Timnas U-22 di SEA Games 2023, Satu Grup Bareng Myanmar

SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 akan bertanding di SEA Games 2023 Kamboja cabang olahraga sepak bola pada akhir April sampai Mei 2023 mendatang. Tim asuhan pelatih Indra Sjafri ini akan mengincar medali emas yang sudah lebih dari tiga dekade belum pernah diraih oleh Ibu Pertiwi.

Indra Sjafri, sang pelatih sudah melakukan beberapa kali bongkar pasang pemain dalam beberapa tahap pemusatan latihan demi mendapatkan pemain terbaik yang dibutuhkan. Berikut jadwal lengkap Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Coldplay Konser di Jakarta? Menparekraf Sandiaga Uno Akan Beri Kepastian Awal Mei 2023

Beberapa waktu yang lalu, ramai kabar kalau Coldplay bakal manggung di Jakarta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Pak Sandiaga Uno pun memberikan tanggapan soal kabar grup band pelantun Yellow tersebut yang akan menggelar konser di Jakarta. Berikut pernyataan lengkap Pak Sandiaga Uno soal konser Coldplay di Indonesia.

Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN 2023, Ini Alasan Labuan Bajo Disebut Surga yang Jatuh di Ujung Timur Indonesia

Foto pemandangan dari salah satu bukit di Labuan Bajo/Shutterstock

Labuan Bajo saat ini sedang bersolek untuk menyambut puncak KTT ASEAN 2023 yang rencananya akan diselenggarakan pada September 2023. Terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, berikut ini deretan wisata yang tersimpan di Labuan Bajo serta deretan akses yang bisa kamu tempuh jika ingin berkunjung ke Labuan Bajo.

Virus Arcturus Masuk Indonesia, Pak Budi Gunadi: Masih Batas Aman

Virus Arcturus

Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin memastikan situasi Covid-19 di Indonesia pada masa Lebaran 2023 ini masih terkendali, meskipun saat ini ada subvarian Omicron BA.1.16 atau Arcturus yang sudah terdeteksi di dalam negeri.

Pak Budi Gunadi juga mengatakan bahwa kadar antibodi masyarakat Indonesia jauh melampaui batas perlindungan antibodi yang dimiliki plasma konvalesen 250 internasional unit per ml.

Sehingga kalaupun terkena infeksi pada tubuh orang Indonesia yang sudah menerima suntikan vaksin dosis penguat atau booster, menurut Bapak Budi Gunadi seharusnya tidak terjadi gejala yang berat. Informasi lengkap mengenai subvarian Arcturus yang sudah masuk ke Indonesia dapat dibaca di sini.

Super Cepat! Veddriq Leonardo Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing dengan 4,98 Detik

Seoul (KOR), 28 April: Men’s Speed final during the 2023 IFSC World Cup in Seoul (KOR). © Dimitris Tosidis/IFSC

Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, pecahkan rekor dunia di ajang IFSC-Climbing World Cup yang berlangsung di Korea Selatan. Catatan atlet ini di luar batas wajar, yaitu 4,98 detik.

Veddriq tampil di babak kualifikasi Piala Dunia yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan, Jumat (28/4). Ia berhasil menjadi yang pertama di papan klasemen sekaligus memecahkan rekor nomor speed putra. Selengkapnya mengenai rekor Veddriq dapat kamu baca di sini.

Delima Silalahi Terima Penghargaan Internasional Berkat Lindungi Hutan Adat

Delima Silalahi baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari Goldman Environmental Foundation berkat jasanya melindungi hutan adat yang ada di wilayah Sumatra Utara. Penghargaan pertama di dunia ini diberikan untuk aktivitas lingkungan akar rumput.

Delima Silalahi merupakan perempuan yang lahir di Siborongborong, Tapanuli, Sumatra Utara. Sejak usia dini, beliau sudah mengenal lembaga yang peduli dengan aktivitas lingkungan. Rumahnya dekat dengan KSPPM dan ini membuat Delima melihat bagaimana para aktivis lingkungan mendampingi masyarakat Sumatra Utara. Kamu bisa membaca profil singkat Delima Silalahi dan juga perjuangannya dalam menjaga alam di sini.

Gen Z dan Milenial Siap-Siap! Rekrutmen Bersama BUMN akan Kembali Dibuka Awal Mei 2023

Ilustrasi Mahasiswa Ujian/Via: Shutterstock

Siap-siap bagi Oppal gengs yang ingin bergabung bersama Perusahaan Badan usaha Milik Negara (BUMN)! Melansir dari Instagram resmi @kementerianbumn dan Bapak Erick Tohir, Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) akan kembali dibuka nih, gengs.

Rekrutmen tersebut akan dibuka pada tanggal 5 Mei mendatang dan akan terdiri dari lima tahap seleksi hingga pengumuman final pada pertengahan Agustus tahun 2023. Informasi lengkap mengenai proses registrasi, tes, dan juga pengumuman Rekrutmen Bersama BUMN dapat kamu simak di sini.

Itu dia rangkuman berita yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya! Let’s start this week with some positivity, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.