Teknik Modifikasi Cuaca Jadi Senjata Indonesia Hadapi Badai El Nino

Siap-siap hadapi musim kemarau, gengs!

64
El Nino

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Bapak Luhut Binsar Pandjaitan buka suara menyoal suhu panas yang terjadi akhir-akhir ini. Pak Luhut juga mengatakan bahwa badai El Nino akan membawa suhu tinggi dan membuat cuaca jadi lebih kering akhir-akhir ini.

“Sekjen Organisasi Meteorologi Dunia menyatakan bahwa fenomena La Nina yang telah terjadi selama tiga tahun berturut-turut dan membawa cuaca lebih basah akhirnya telah berakhir. Sebagaimana gantinya, El Nino akan membawa suhu menjadi tinggi sehingga membuat cuaca menjadi lebih kering,” ucap Bapak Luhut Binsar Pandjaitan dalam akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan.

Foto Bapak Luhut Binsar Pandjaitan/Instagram @luhut.pandjaitan

“Dari pemodelan cuaca yang kami dapatkan El Nino di prediksi akan terjadi pada Agustus 2023 meski ketidakpastian tingkat keparahan El Nino masih sangat tinggi,” tambah keterangan Bapak Luhut.

Badai El Nino juga memiliki potensi menyebabkan dampak kekeringan yang cukup luas dan juga kebakaran hutan serta lahan di beberapa daerah.

Foto Bapak Luhut Binsar Pandjaitan/Instagram @luhut.pandjaitan

“Belajar dari pengalaman tahun 2015 lalu yang terjadi di Indonesia, El Nino berpotensi menyebabkan dampak kekeringan yang luas dan juga kebakaran hutan dan lahan di beberapa daerah. Hal ini tentunya berkolerasi terhadap turunnya produksi pertanian dan pertambangan berdasarkan data IMF,” ucap Bapak Luhut Binsar.

Oleh karenanya, Indonesia saat ini sedang mempersiapkan diri untuk kondisi yang paling ekstrem sekalipun. Pemerintah daerah juga diminta untuk bersiap sejak dini dan memperhitungkan langkah terbaik agar pengalaman di tahun 2015 lalu tidak terulang.

“Untuk itu, kami akan bersiap dalam kondisi yang paling ekstrem sekalipun. Saya meminta seluruh K/L terkait juga Pemerintah Daerah untuk mulai bersiap sejak dini, memperhitungkan segala langkah yang mesti ditempuh agar pengalaman buruk delapan tahun lalu tidak terulang kembali. Setidaknya sejak saat ini kami menyiapkan teknologi modifikasi cuaca sebagai senjata menghadapi El Nino,” kata Pak Luhut mengingatkan kita semua.

Baca juga: “Kenalan dengan Siklon Tropis Herman yang Bikin Cuaca Suka Berubah Belakangan Ini

“Mari kita semua tetap waspada dan saling menjaga di masa-masa sulit seperti ini sehingga kerugian yang terjadi akibat peralihan cuaca bis akita reduksi bersama demi kemaslahatan masyarakat Indonesia seluruhnya,” tutup Bapak Luhut Binsar Pandjaitan.

Semoga dampak badai El Nino ini tidak menakutkan, ya gengs. Mari kita semua berdoa dan berusaha agar dampaknya tidak parah terhadap negeri tercinta.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.