Weekly News Wrap Up: Keren! Pempek Jadi Makanan Seafood Terenak ke-4 di Dunia

Menyambut hari Senin, yuk kita lirik kembali wrap up news seminggu kemarin!

166
Pempek

Rise and shine, gengs! Apakah akhir pekanmu menyenangkan? Menyambut hari Senin, yuk kita lirik kembali beberapa informasi penting dan menarik selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”. Keep scrolling!

Keren! Pempek Jadi Makanan Seafood Terenak ke-4 di Dunia

Taste Atlas yang juga website panduan wisata kuliner dunia baru saja merilis makanan seafood paling enak di dunia. Hasilnya pempek menduduki posisi ke-4 dengan skor 4,7 dari 5. Taste Atlas melakukan survei ini kepada pembaca mereka yang tersebar di seluruh dunia.

Pempek bahkan mengungguli Sushi, Ebi Furai dan Sashimi dari Jepang yang cukup populer. Berikut ini urutan makanan seafood terenak di dunia versi Taste Atlas.

Cek Rute dan Syarat Mudik Gratis Kemenhub, Buruan Daftar!

Mudik Gratis

Kementerian Perhubungan lewat Dirjen Perhubungan Darat mulai membuka pendaftaran mudik gratis mulai tanggal 13 Maret 2023 pukul 14.00 WIB. Informasi ini didapatkan langsung dari akun Instagram resmi Ditjen Perhubungan Darat (@ditjen_hubdat). Begini cara mendaftar mudik gratis Kemenhub serta rute apa saja yang berlaku.

Tarif Tol Bogor Outer Ring Road Alami Penyesuaian Rp500 Sampai Rp2000

Tol Bogor

PT Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagai pengelola jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) resmi melakukan penyesuaian tarif pada Minggu, 12 Maret 2023 mulai pukul 00.00 WIB berkisar antara Rp500,- sampai Rp2.000,-. Berikut daftar tarif baru tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

Diperkirakan 123 Juta Orang Akan Mudik Lebaran 2023, Ini Waktu Terbaik Mudik

Ilustrasi pengendara yang sedang mudik/Shutterstock

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lewat Badan Kebijakan Transportasi (BKT) sudah selesai melakukan survei potensi pergerakan masyarakat selama masa Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 H. Salah satu poin penting dalam survei ini adalah prediksi arus mudik dan arus balik.

Dari hasil survei itu diprediksi bahwa pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang. Jumlah ini meningkat sebesar 14,2% jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa lebaran tahun 2022 yang mencapai 85,5 juta orang. Berikut perkiraan puncak arus mudik 2023 dan waktu terbaik untuk mudik.

Hati-hati! Ada Penipuan Link Update SatuSehat Mobile via Pesan Singkat

Ilustrasi Hoaks

Kementerian Kesehatan RI meminta masyarakat waspada terhadap pesan yang berisi link update aplikasi SatuSehat Mobile. Hal ini disampaikan langsung di akun Instagram resmi aplikasi pengganti PeduliLindungi itu (@satusehat_id).

Unggahan Kemenkes ini juga menjelaskan bahwa update Satu Sehat Mobile hanya secara otomatis atau manual hanya melalui Play Store di Android atau App Store di iOS. Simak informasi lebih lengkapnya di sini.

Mau Mudik Naik Kereta Api? Simak Aturan Terbarunya

Kereta Api

PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru saja mengeluarkan aturan naik kereta api untuk mudik lebaran 2023 pada Rabu, 16 Maret 2023. Aturan ini kurang lebih sama dengan yang dikeluarkan untuk libur natal dan tahun baru pada bulan Desember 2022 kemarin, yakni pelanggan kereta api jarak jauh berusia 18 tahun ke atas wajib vaksin ketiga (booster). Berikut aturan lengkap bagi kamu yang pengin mudik naik kereta api.

Jalur Pansela, Alternatif Mudik dengan Pemandangan Ciamik di Selatan Jawa

Jalur Pansela di Cidaun, Rancabuaya, Garut
Jalur Pansela di Cidaun, Rancabuaya, Garut/Shutterstock

Buat kamu yang mau mudik ke di wilayah Pulau Jawa, kini ada satu jalur yang bisa kamu gunakan sebagai jalan alternatif, yaitu jalur Pansela (Pantai Selatan). Wilayah ini terkenal akan pesona alam dan keindahan pantainya di sepanjang jalur yang membentang dari Pulau Banten sampai ke Jawa Timur itu. Simak jalur apa saja yang dilewati oleh Pansela, rest area yang tersebar, serta pemandangannya pada artikel berikut.

Yeay! Pajak Progresif Dihapus dan Bea Balik Nama Kendaraan Juga Dikurangi Biayanya

Ilustrasi pembayaran pajak/Unsplash

Kepolisian lewat Kakorlantas (Kepala Korps Lalu Lintas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan kini sudah resmi diadakan pengurangan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) serta penghapusan pajak progresif yang akan mempermudah masyarakat.

Masyarakat pun kini diminta untuk tidak ragu karena biaya yang dibebankan tidak besar, bahkan bisa menyentuh angka nol rupiah. Selengkapnya mengenai pajak progresif dan aturan pengurangan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dapat dibaca di sini.

Itu dia rangkuman berita yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya! Let’s start this week with some positivity, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.